ARIPITSTOP.COM – Apakah Indonesia menjadi negara paling banyak menjual motor di dunia ini?, jawabannya salah karena Indonesia ada di peringkat ketiga. Indonesia menjadi negara dengan penjualan motor paling besar di Asia Tenggara. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor sepanjang 2019 mencapai angka 6.487.460 unit. Angka tersebut tumbuh sedikit sekitar di kisaran 1,6% dibandingkan tahun lalu. Berikut daftar 10 negara terbanyak daa penjualan motor.

Penjualan motor di dunia memang masih didominasi dari daratan Asia, banyak negara di asia dengan status negara berkembang sehingga motor menjadi alat transportasi yang paling dipilih karena dinilai lebih murah dan lebih praktis meski efeknya adalah membuat polusi udara semakin besar dan pastinya membuat jalanan padat dengan motor yang berujung kemacetan.

India, menjadi negara yang paling banyak menjual motor, India akhirnya menyalip China, dan menduduki status sebagai negara dengan penjualan motor terbesar di dunia pada 2016. Perolehan tahunannya mencapai angka lebih dari 17,7 juta unit, atau sekitar 48.000 unit terjual setiap harinya di India.

Bahkan di tahun 2019, angka penjualan motor di India terus mengalami kenaikan hingga 18,5 juta unit. Mengutip Asphaltandrubber, ada dua faktor yang memicu pertumbuhan tersebut. Pertama adalah semakin banyak lahir biker perempuan, lantaran pergerakan kaum hawa yang semakin mapan di India.

Kemudian faktor pendorong kedua adalah perkembangan infrastruktur yang membaik di India. Pemerintah mulai banyak membangun jalan beraspal di daerah perdesaan dan kota-kota. Dengan lebih banyak pengendara yang di India, ditunjang dengan infrastruktur jalan yang bisa diakses mudah oleh biker ke tempat yang mereka inginkan, berimbas pada berlanjutnya pertumbuhan industri.

Cina menjadi negara kedua paling banyak menjual motor di dunia, Cina terkenal dengan produk motor paling aktif di dunia, berbagai merk dengan berbagai model dengan cepat tumbuh di Cina, bahkan pabrikan motor asal Cina sudah mulai menguasai penjualan di daratan Eropa.

Indonesia berada di peringkat ketiga dengan angka penjualan 6,4 juta unit di tahun 2019, pantas saja kemacetan menjadi pekerjaan yang sangat sulit untuk diatasi.

Rangking 10 negara penjualan motor terbanyak tahun 2019 dilansir dari Motorcycles Data :

  1. India : 18,5 juta unit
  2. China : 16,3 juta unit
  3. Indonesia : 6.487.430  unit
  4. Vietnam : 3,2 Juta unit
  5. Filipina : 1,8 Juta unit
  6. Thailand : 1,67 Juta unit
  7. Pakistan : 1,6 Juta unit
  8. Brasil : 1 Juta unit
  9. Mexico : 1 juta unit
  10. Taiwan : 0,9 juta unit
Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Edan nih india.. emang kalo bisa masuk nih pasar dijamin luar biasa dapetnya meski cuma 1% doang tapi dikalikan 18jt unit.. belom kalo itu jumlah motor yg paling banyak untungnya (bukan soal kelas premium maupin pertalite ya gan).. edaann

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here