ARIPITSTOP.COM – Hal sepele yang kadang tidak terpantau oleh kita apalagi buat biker yang jarang bongkar motor sendiri, seperti di motor CBR150R lokal versi lama ini, ECU yang berada dibawah jok ternyata mudah terandam air, bisa mengakibatkan konslet tuch…

Yap, kejadian ini saya temukan ketika servis motor CBR150R 2015 versi lampu bohlam, ketika membuka jok bagian depan ternyata dibawah jok penuh dengan air, bahkan genangan air ini merendam ECU, meskipun hanya merendem separo bagian dari ECU, bayangkan kalau sil socket ECU sudah tidak bisa menahan air dari luar, alhasil air masuk ke soket ECU dan bisa saja membuat konslet.

Kenapa air bisa menggenangi bawah jok motor CBR150R tepatnya box tempat ECU ?, yap… masalahnya adalah lobang pembuangannya tersumbat oleh kotoran tanah debu yang terus menumpuk. Sehingga air dengan mudah menggenangi ECU, bisa dilihat foto dibawah ini ketika Box ECU bawah Jok terendam air.

Penampakan posisi lobang pembuangan air yang tersumbat.

Kemudian ECU terendam air.

Penampakan setelah air dikuras.

Lalu, lobang pembuangan kembali dinormalkan. Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air, ditambah lobang pembuangan air dengan cara dibor.

Kadang hal sepele kayal gini tidak terpantau oleh kita, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. Idebagus, lebih sip lagi setelah di bor, kasih pipa besi kecil+karet vakum one way (gk tau bahasa katalognya apaan) kayak di pembuangan cvt matic honda (posisi sebelah kiri bawah deket baut tap oli gardan tuh) jd air dr luar gk bakal masuk, tp air dr dalam bisa turun ke bawah.. ribet dikit gpp tp safety first.. hehehe salam pemilik k45a..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here