ARIPITSTOP.COM – Jadwal balapan MotoGP 2020 seakan-akan menjadi kusut ketika belahan dunia ini sedang dilanda virus Corona. Setalah Qatar dan Thailand, seri ketiga MotoGP 2020 di Austin Amerika juga berpeluang batal…!, pemerintah Austin melarang event yang melibatkan berjumlah lebih dari 2.500 orang.

Dua seri pembuka musim MotoGP 2020, MotoGP Qatar dan MotoGP Thailand, sudah menjadi korban. Balapan kelas MotoGP di Qatar yang seharusnya berjalan akhir pekan ini telah dibatalkan, walau Moto2 dan Moto3 tetap bergulir. Sementara, seri kedua di MotoGP Thailand akhirnya ditunda hingga Oktober 2020.

MotoGP Amerika di Austin seharusnya menjadi seri pembuka musim pada 3-5 April 2020 juga terancam batal. Pemerintah kota Austin telah melarang event dengan 2500 orang atau lebih, kecuali apabila pihak penyelenggara dapat meyakinkan pihak Kesehatan Umum Austin kalau “semua rencana pencegahan penyakit menular telah dilakukan. Semua kasus akan dievaluasi satu per satu”.

“Kami telah mendeklarasikan bencana lokal dan berkaitan dengan itu telah mengeluarkan perintah yang membatalkan South by Southwest tahun ini,” tutur Wali Kota Austin, Steve Adler, seperti dikutip dari Crash.

Sebelumnya pihak Dorna sudah mengeluarkan revisi jadwal MotoGP untuk musim 2020, namun pihal Dorna jiga menjelaskan jika jadwal tersebut bisa berubah sewaktu2 tergantung situasi terbaru.

“Hingga sekarang, baik Amerika Serikat dan Argentina baik-baik saja. Namun, saya tak bisa berkata untuk masa depan,” tuturnya.

Ezpeleta mengutarakan bahwa situasi akan menjadi lebih kusut ketika balapan MotoGP memasuki seri di Eropa setelah seri Argentina.

“Hari ini, beberapa otoritas di Eropa telah melarang berkumpulnya sekian jumlah penonton dan bahkan ada situasi di paddock terkait beberapa kewarganegaraan tertentu yang dilarang bepergian. Kami memikirkan solusi kedua hal ini untuk terjadi… Kami mempunyai beberapa strategi,” tuturnya.

“Saya tak akan mengatakan diri saya optimistis, tetapi satu hal yang bisa saya janjikan adalah kami akan mencari solusi untuk memastikan 19 balapan tersisa tetap berjalan,” tutup Ezpeleta.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini