ARIPITSTOP.COM –┬áBaru baru ini muncul foto yang memperlihatkan Nmax dipakai oleh Presiden Kedua Indonesia Soeharto. Apakah benar adanya foto tersebut? berikut faktanya.

Tampak sebuah foto yang diposting oleh akun Twitter @demagog_inc memperlihatkan Yamaha Nmax berwarna putih dikendarai oleh Presiden kedua Indonesia yaitu Soeharto. Di samping-sampingnya terdapat Paspampres yang mengawalnya.

Sebenarnya, foto tersebut adalah rekayasa alias editan dari foto pak Soeharto dengan motor SMI Expressa. SMI Expressa terbilang asing bagi masyarakat umum saat ini karena memang sudah tidak ada lagi.

Padahal SMI Expressa dulunya digadang sebagai produk dalam negeri yang bakalan mampu bersaing dengan motor luar negeri. Proyek SMI sendiri diawali pada tahun 1995 dan 1996 dengan dibuat hanya beberapa unit saja. Proyek SMI mulai dibangun dengan bantuan dari PT Federal Motor, yakni perusahaan yang saat ini dikenal dengan nama PT Astra Honda Motor.

Setelah cukup lama melakukan riset dan pengembangan, pada September 1997 lahirlah motor yang diberi nama Expressa (Expresi Bangsa atau Expresi Anak Bangsa).

Mengusung desain ayam jago, SMI Expressa menggunakan mesin MCB 100 cc dengan satu silinder. Tidak ada informasi pasti mengenai spesifikasi.

Kini, SMI Expressa hanya tinggal kenangan. Meski sempat diresmikan di depan Istana Negara dengan dinaiki langsung oleh Soeharto, motor karya anak bangsa tersebut harus tutup usia sebelum sempat berkembang akibat krisis pada 1998 dan 1999 membuat pengerjaan motor nasional ini harus dihentikan.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here