ARIPITSTOP.COM – Pihak Dorna akhirnya memutuskan membatalkan seri pembuka MotoGP di Qatar, pembatalan ini akibat dari pemerintah Qatar memberlakukan peraturan ketat bagi turis yang datang terutama dari Italia dan Jepang yang justru adalah sebagian besar kru dan pembalap dari peserta MotoGP.

Dorna resmi menyatakan bahwa balapan MotoGP seri Qatar di Sirkuit Losail pada 6-8 Maret mendatang dibatalkan untuk kelas MotoGP, sementara Moto2 dan Moto3 akan tetap berlangsung. Hal ini diumumkan melalui situs resmi MotoGP pada Senin (2/3/2020), menyusul adanya larangan travel ke Qatar setelah negara tersebut mengumumkan kasus pertamanya pada Minggu (1/3/2020). Qatar pun mengadakan karantina selama dua pekan untuk orang yang baru-baru ini mengunjungi Italia.

Keputusan ini pun tentu sangat memengaruhi MotoGP, karena sebagian besar peserta dan stafnya berasal dari Italia dan Jepang. Regulasi di Qatar menyebutkan bahwa siapapun yang berasal dari Italia atau pernah di Italia dalam 2 pekan sebelumnya akan memperoleh Penanganan Karantina selama minimal 14 hari.

Para peserta Moto2 dan Moto3 sendiri telah berada di Qatar sejak Kamis (27/2/2020) untuk menjalani uji coba pramusim di Sirkuit Losail, dan tak kembali ke negara masing-masing. Dengan begitu, mereka akan menjalani pekan balap seperti biasa.

Pernyataan resmi dari MotoGP :

“FIM, IRTA, dan Dorna dengan penuh penyesalan harus mengumumkan pembatalan seluruh sesi kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan.

­”Terus merebaknya wabah virus corona telah menciptakan larangan travel di Qatar yang berdampak pada penumpang dari Italia dan beberapa negara lain. Hari ini, semua penumpang yang tiba di Doha dengan penerbangan langsung dari Italia, atau telah berada di Italia selama dua pekan terakhir, akan langsung dikarantina minimal selama 14 hari. Italia jelas memiliki peran penting bagi kejuaraan ini dan kelas MotoGP, baik di luar maupun dalam lintasan, dan atas alasan ini keputusan diambil untuk membatalkan kompetisi kelas tertinggi.

“Mengingat tim dan pebalap Moto2 dan Moto3 sudah ada di Qatar untuk tiga hari uji coba resmi di Losail International Circuit awal pekan ini, balapan kedua kelas memungkinkan untuk digelar. Kelas ringan dan intermediate akan berkompetisi dalam seri pembuka pada 6-8 Maret. Hal yang sama diterapkan kepada Idemitsu Talent Cup, yang akan menjalani dua balapan dalam Grand Prix Qatar seperti rencana awal.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini