ARIPITSTOP.COM – Air radiator cepat banget habisnya padahal terlihat tidak ada yang bocor dari luar, begitu melihat oli mesin ternyata normal tidak bercampur air radiator yang artinya seal pompa radiator kondisinya normal, lalu maalahnya dimana?.

Air radiator habis, kalau ada keluhan seperti ini yang pertama kali saya lakukan adalah mengecek kondisi oli mesin, kalau oli mesin berwarna hitam kecoklatan atau hitam keputihan dan atau hitam kehijauan maka sudah bisa dipastikan seal pompa radiator bocor. Kalau seal pompa radiator bocor maka air radiator dengan mudah akan masuk ke ruang mesin yang berakibat bercampurnya oli mesin dengan air radiator, berbahaya kalau kondisi ini didiamkan terlalu lama karena mesin jebol, kok mesin jebol ? yup… oli mesin bercampur air radiator maka fungsi pelumasan dari oli mesin berkurang bahkan hilang alhasil part2 yang begesekan justru akan aus.

Lalu masalah dimana lagi?, yup… lihat kondisi asap knalpotnya, kalau asapnya berwarna putih maka ada indikasi air radiator ikut terbakar di ruang bakar, kok bisa???, yap… masalahnya adalah paking atau gasket cylinder headnya bocor sehingga air radiator dengan mudah masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar sehingga asap knalpot berwarna putih dan air radiator jadi cepat habis.

Salah satu contohnya motor old CB150R satu ini, yang punya motor mengeluhkan air radiatornya cepat habis setelah saya cek ternyata paking headnya bocor.

Bisa dilihat bagian paking yang berwarna putih itu catnya terkelupas akibat ikut terbakar, itu tandanya bocor. Sedangkan bagian yang berwarna hitam adalah bagian yang tidak bocor.

Lalu lihat bagian headnya dibawah ini, bagian yang hitam adalah bagian yang bocor, pembakaran jadi tidak sempurna tentunya karena ada kebocoran kompresi juga. Bagian yang tidak kotor adalah bagian yang tidak bocor.

Solusinya?, bersihkan headnya lalu ganti gasket/paking yang baru.

Lalu bagaimana kalau kondisi oli mesin normal dan knalpot tidak berwarna putih?, artinya seal pompa radiator tidak bocor. Ada kemungkinan masalah di Thermostat yang sudah tidak lagi membuka saluran air radiator yang membuat perputaran air radiator tidak sesuai jalurnya dan tidak ada pendinginan, sehingga air radiator akan cepat panas dan akan menguap. Solusinya ya ganti Thermostat yang baru.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. Motor aku juga gitu. Cadangan air radiator suka habis, padahal belom seminggu, pemakaian juga jarang kena macet, mungkin seminggu van nyala 2-3 kali aja (kondisi macet). Padahal bandung lagi gk begitu panas. Udah ganti oli 3 kali, oli aman gk kecampur. Knalpot gk keluar asap putih. Kalo thermostat bermasalah, berpengaruh gk ke van radiator? Soalnya kalo mesin udah panas, van radiator tetep nyala. Mohon bantuannya🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here