ARIPITSTOP.COM – Sudah sering terjadi dan bukan hal yang baru ketika motor Aerox 155 tiba2 mogok dan di speedometer muncul kode 12, bahkan penyakit ini kini menular juga di motor Yamaha Lexi 125. Lalu bagaimana cara mengatasinya tanpa harus keluar kocek banyak.

Yamaha Aerox 155 dan Lexi 125 memang sampai saat ini masih ada saja yang dihinggapi masalah eror kode 12 disertai motor mogok, kode 12 ini artinya ada masalah di seputar Crankshaft Position Sensor, hal ini disebabkan oleh soket yang menyambungkan antara spull dengan kabel body terlihat gosong terbakar, Ini mengakibatkan suplai listrik yang diterima SGCU menjadi gak stabil / kurang sehingga motor tidak bisa dihidupkan.

Lalu jika soket sudah gosong apakah harus ganti spull dan kabel bodynya?, tidak perlu, jika keleus akan hanya ada pada soket yang gosong makan kita hanya perlu menyambungkan ulang saja kabel spull agar kuat dan tidak terjadi konsleting.

Seperti yang baru saja saya lakukan pada Aerox lansiran 2018 ini, soket nya sudah gosong banget, bahkan untuk sekedar melepas akunnya dari rumah soket saja sudah susah, akhirnya rumah soket yang dari plastik saya hancurkan.

Salah satu cara untuk menghindari masalah kode 12 seperti berikut :

Pertama siapkan mata bor ukuran 3,5mm, baut ukuran 6 ada 3 pcs, Mur ukuran 6 ada 3 pcs dan ring 6 pcs.

Lepas sekun atau soket tembaga dari rumah soketnya, jika susah karena kondisi gosong, hancurkan saja.

Jika sudah selesai, pasang kembali antar sekun tembaga sesuai warna kabel, jangan sampai terbalik.

Kemudian di sambungan sekun dibor untuk dudukan baut. Jika ketiganya sudah dibor, kemudian pasang baut, ring dan mur yang kencang.

Kemudian setiap sambungan kabel diisolasi tahan panas, jangan lupa juga setiap sambungan kabel dibungkus pakai karet ban dalam untuk menghindari konslet akibat adanya gesekan antar skun kabel. Langkah terakhir, bungkus semua kabel menggunakan karet pembungkus bawaan motor.

Semoga trik sederhana ini berguna…

Advertisements

12 KOMENTAR

  1. Apa ecu gak rawan jebol misal ada gangguan kelistrikan kl pk cr tsb..???
    Mending ganti soket, jd kl ada kejadian serupa tinggal ganti soket lg, ecu aman

    • Harusnya sih bro kagak bakal keganggu kelistrikan nya…krn sambungan soket kan sama kegunaan nya dengan yg sambung kabel (dulu pernah gw coba cara ini di scorpio gw waktu masalah di spull)…cm minusnya klo mw ganti kabel2 gt repot dah gak PnP…soket klo mw ganti kudu yg kaya socket mobil kyanya…yg ada lapisan karet di dlm nya…aman dr air dan relatif tahan panas…

  2. Dr dulu matic Sizuki ngk move on, mesin yg di gudang ya cuma itu aja, ngk jauh beda kasus tunder125 yg spullnya rawan gosong ….sebuah kemajuan perlu inovasi yg tdk selalu sempurna perlu update terus …..jgn malu utk recall (diem diem recall tapi malu malu)

  3. kasus yang sama pada cb150r
    berulang kali terbakar sampai keluar api
    langkah terakhir saya ganti pake terminal mcb tapi kabelnya malah kalah

    yasudah jual saja motornya

  4. sekedar masukan, tiap sambungan d bungkus dulu pake selang bakar kang, menghindari miss code, arus + sama – tertukar. malah bikin ecu error nanti, kejadian paling buruknya nanti harus ganti ecu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here