ARIPITSTOP.COM – Meski sukses dibalapan WSBK, Kawasaki ternyata sampai saat ini masih belum mau kembali balapan di MotoGP. Geng ijo saat ini lebih menikmati balapan di WSBK terlebih saat ini sedang mendominasi dengan Jonathan Rea yang sudah 5 kali berturut-turut. Bagi Geng Ijo, balapan MotoGP adalah balapan yang mahal.

Musim terakhir Kawasaki menarik tim pabrikan mereka dari MotoGP pada akhir 2008, dan terakhir menurunkan motor di kejuaraan itu pada 2009 lewat Hayate Team bersama Marco Melandri. Sudah 11 tahun balapan MotoGP tanpa ada Geng Ijo, meski Dorna disebut2 terus merayu pihak Kawasaki namun usaha tersebut selalu mental. Hal ini kompak dinyatakan Project Leader Ninja ZX-10RR, Yoshimoto Matsuda, dan Kawasaki Racing Team Director yang juga insinyur senior Kawasaki, Ichiro Yoda. “Beberapa orang bilang begitu. Tapi MotoGP bukanlah cara yang tepat bagi kami,” ungkap Matsuda kepada Speedweek.

Matsuda menyebut MotoGP bukan ranah yang tepat bagi Kawasaki, mengingat regulasinya lebih rumit dibanding WorldSBK. “Anda harus memikirkan apa yang dibutuhkan MotoGP, ke mana arah teknologi menuju, dan apa yang memotivasi Anda. Usai mempertimbangkan semua, MotoGP bukan pilihan,” ujarnya.

Kawasaki kesulitan jika harus terjun balapan di MotoGP, kondisi finansial juga menjadi salah satu faktor utama, terlebih jika turun di MotoGP maka mereka tidak mau hanya finish sebagai penggembira.

“MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki. Ini adalah keputusan dari bagian finansial kami. MotoGP butuh dana setidaknya 10 kali lipat dibanding WorldSBK. Untuk MotoGP, Anda butuh 60-70 juta euro per tahun, sementara Honda saja menghabiskan 100 juta euro,” ujar Ichiro Yoda.

“Sebagai tambahan, kami tak bisa meyakinkan manajemen tertinggi Kawasaki jika kami hanya bisa finis kelima di MotoGP. Anda pasti menginginkan kemenangan, tak peduli di kategori apa. Itulah alasan WorldSBK jauh lebih masuk akal bagi Kawasaki, jika dilihat dari segi finansial,” tutup Yoda.

Advertisements

5 KOMENTAR

    • Benar, kawasaki kaya raya…

      …tapi bukan divisi motornya…

      …daripada buang duit d motogp, mending ngebid buat kereta cepat jakarta surabaya :p

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here