ARIPITSTOP.COM – Kampas rem cepat habis ?, ada beberapa faktor seperti cara pemakaian yaitu faktor human eror atau kondisi jalanan yang sering macet lalu ada faktor teknis seperti bahan dari kampas remnya atau ada kampas rem selalu bergesekan dengan iringan meski tuas rem tidak ditekan. Penggantian kampas rembaik depan maupun belakang buat motor saya sendiri memang tergolong lumayan irit, karena bisa diatas 10ribuan km bahkan kini di motor PCX 150 yang setiap hari selalu saya pakai penggantian kampas remnya baru di kilometer 21.095..

Sesuai pengalaman pribadi saya sendiri, di rumah juga ada motor Yamaha Mio dengan kode kampas rem 5TL, pemakaian kampas rem depan motor Mio ini juga untuk rem depan selalu diatas kilometer 15 ribuan, bahkan untuk rem bekalang diganti sekitar di kilometer 20ribuan. Dan motor harian lainnya yaitu Yamaha X-Ride, kalau motor yang satu ini memang lumayan tuch penggantian kampas remnya pernah baru di kilometer 14ribuan sudah minta ganti baru.

Terkadang saya sendiri heran, kenapa banyak konsumen yang mengeluhkan kondisi kampas rem yang cepat habis bahkan belum ada 10ribu km sudah ganti kampas rem. Memang ada selain cara pemakaian ada faktor lain seperti bahan kampas rem kemudian kondisi cakram piringan yang sudah tidak rata, ada faktor teknis dari sisi sistem pengereman yaitu kondisi eror di master rem dan kalipernya.

Dan hari ini saya mengganti kampas rem depan belakang Honda PCX 150 tipe CBS tepat di kilometer 21.095. Artinya pemakaian kampas rem di motor saya pribadi tidak lah boros, dulu pernah setiap hari memakai motor GSX-S150, sampai kilometer 12.000 kondisi kampas remnya masih tebel masih ada sisa ketebalan sekitar 40%, artinya kemungkinan ganti kampas remnya bisa disekitar kilometer 20ribuan juga.

Namun saya rasa bahwa faktor besar kondisi kampas rem cepat habis adalah dari cara pemakaiannyaa, sering menahan rem atau mengerem tidak pada waktunya misalnya jarak pengereman yang seharusnya masih jauh namun kita sudah mengerem duluan. Bisa juga karena secara tidak sadar kondisi tangan atau kaki menekan tuas rem secara mengambang.

Kalau tidak tepat dalam pemakaian rem maka kampas rem cepat habis, akan terasa nyesek kalau harga kampas remnya mahal banget apalagi sampai diatas 100ribuan atau 200ribuan. Seperti harga kampas rem Honda PCX 150 lokal ini, sepasang kampas remharganya 108 ribu dan 118 ribu untuk depan dan belakang. Lumayan kan harganya… makanya kalau belum 10ribu km sudah ganti bisa nyesek tuch…

Bisa dilihat kondisi kampas rem depan di kilometer 21.095 :

Ini penampakan kampas rem belakangnya :

Kondisi kampas rem depan dan belakang bisa hampir sama ketebalannya karena motor saya ini adalah PCX 150 tipe CBS yang merupakan sistem pengereman belakang dan depan saling terintregasi alias bisa mengerem bersamaan secara otomatis.

Jadi kampas rem irit atau boros ?, banyak faktornya selain dari kualitas kampas rem.

Advertisements

7 KOMENTAR

  1. Kalo kampas rem depan scorpio 50an rb br abis kampas remnya termasuk irit gk ya…? Odometer udah 80an rb km, kampas rem tromol belakang msh tebal blm pernah ganti~ 😁

  2. Speed tinggi, kemudian sering hard braking membuat kampas cepat habis. Kampas rem yg bahannya soft biasanya lebih pakem dan lebih cepat habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here