ARIPITSTOP.COM – Motor bebek yang pakai kopling otomatis jika sudah berumur lama biasanya akan ada banyak permasalahan yang terjadi, seperti pada motor Vega ini yang baru saja saya bongkar. Keluhannya ketika boncengan, motor jadi loncat loncat saat akselerasi awal atau ketika tanjakan, masalah ini ada di bagian koplingnya.

Motor bebek yang sudah berumur biasanya saat pindah gigi terasa aga getaran selip seperti rantai mau lepas, terjadi setelah pindah gigi terutama dari gigi satu pindah ke gigi dua apalagi saat boncengan atau membawa beban berat maka motor terasa loncat loncat, itu diakibatkan karena kampas kopling otomatis dan rumah kopling otomatis sudah selip bahkan sudah habis/aus, kejadian ini terjadi hanya pada motor yang memakai kopling otomatis.

Lihat gambar dibawah ini kondisi rumah kopling yang sudah tampak aus dan terlihat alur bekas tapak dari kampas koplingnya sudah dalam banget, ini yang menyebabkan motor terasa loncat2 karena antara kampas kopling dengan rumah kopling sudah selip.

Bandingkan dengan kondisi baru :

Kondisi kampas kopling otomatis sudah aus bahkan sanpai habis juga sangat berpengaruh terhadap kondisi selip, bahkan performa motor juga berkurang karena motor sering selip.

Hal ini wajar katena kondisi motor yang sudah tua apalagi sering dipakai jauh atau biasanya motor sudah lebih dari 5 tahun umurnya. Ketika mendapatkan masalah seperti ini, saya sarankan ganti kampas kopling satu set dengan rumahnya. Kalau salah satu saja justru akan buang2 dwit karena tak lama lagi penyakitnya akan kambuh lagi.

Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here