ARIPITSTOP.COM – Berbeda dengan motor matic2 sebelumnya yang sudah menggunakan teknokogi eSP, kabel Speedometer motor matic Honda berada di roda depan yang masih manual memakai gearbox untuk membaca kecepatan motor. Namun kini posisi pembacaan kecepatan sudah pindah ke belakang tepatnya di gearbox CVT. Bedanya sekarang sudah electric sehingga memakai kabel elektrical sebagai penyalur pembacaan kecepatan.

Jika melihat motor matic Honda generasi sekarang, atau yang sudah menggunakan teknologi eSP, posisi pembacaan kecepatan sudah pindah ke gearbox belakang, sebuah sensor dipasang di gearbox CVT, yang kemudian sinyal yang dihasilkan oleh sensor tersebut disalurkan melalui kabel yang melintang di atas box CVT menuju kabel body dan disalurkan ke Speedometer.

Seiring kemajuan teknologi, cara ini memang terlihat praktis karena roda depan sudah terlihat bersih tanpa ada kabel speedometer lagi. Tetapi posisi sensor kecepatan pindah ke belakang ternyata ada sedikit kelemahan, yaitu kabel yang ada diatas box CVT jadi sering putus akibat gesekan dan ayunan.

Posisi kabel yang berada di CVT/mesin kemudian pindah jalur ke rangka membuat kabel speedometer ini terkena gerakan ayunan ketika motor berjalan apalagi ketika melewati jalan rusak atau polisi tidur. Sehingga kabelnya sering bergesekan dengan crankcase dan lama kelamaan bikin kabel jadi putus, bisa dlihat contohnya dibawah ini.

Konsumen ini mengeluhkan jarum speedometernya mati, dan setelah saya cek ternyata kabelnnya putus.

Solusinya mudah, cuma disambungkan lagi, ditambah kabel lagi agar kabel tetap bebas. Tapi lambat laun ya… karena terkena gesekan terus menerus maka kabel bisa putus lagi. Jadi kalau jarum speedometer motor matic Honda tidak bergerak, cek kabel tersebut.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here