ARIPITSTOP.COM – Motor CB150R terasa goyang2 bagian belakang saat riding apalagi saat nikung ? cek kondisi bos armnya dan con rodnya atau sering disebut Pro Link. Gejala bos arm goyang ketika motor tidak stabil saat riding terutama di kecepatan tinggi dan ketika nikung seperti ban kempes. Di arm belakang CB150R ada dua bagian yang sering yaitu di bos arm dan pro Link alias dudukan sokbreker belakang.

Bagaimana indikasi bos arm sudah rusak ? bos arm terdiri dari satu collar dan dua bearing bambu, jika salah satu atau bahkan keduanya sudah aus maka motor akan terasa goyang2, saat motor di standar tengah kemudian arm kita goyang2 ke kanan-kiri akan terasa oblaknya, artinya bearing bos arm sudah bermasalah. Penggantian pasti ini tergolong lumayan biayanya, untuk ganti satu collar dan bearing bambu bisa habis sekitar 130ribuan belum termasuk ongkos pasang yang dipatok rata2 sekitar 50ribu.

Yang masih nempel di arm juga adalah con rod alias Pro Link, yaitu dudukan sokbreker belakang ini untuk di motor CB150R memakai bearing bambu juga, namun beda kode dengan bearing bambu yang di bos arm depan. Gejalanya sama dengan diatas ketika bearing sudah pada aus. Saat kita cek dengan posisi standar tengah, arm kita goyang2 naik turun maka arm akan terasa oblak tandanya bearing sudah aus.

Jangan tunda2 jika motor sudah terasa goyang2 segera bawa ke bengkel biar dicek. Kalau mau cek sendiri bisa kok seperti yang sudah saya katakan diatas.

  1. Untuk mengecek bos arm dengan cara mengoyangkan roda belakang atau arm ke sisi kanan-kiri, jika terasa oblak maka bearing sudah aus, seperti saat mengecek bearing roda.
  2. Sedangkan untuk mengecek kondisi con rod/pro link dengan cara menggoyang2kan arm keatas dan kebawah, jika terasa oblak maka bearing sudah aus.

Kalau ditunda akan merembet ke dusukan bearing bambu di pro linknya dan malah nambah biaya lagi. Untuk penggantian bearing bambu ada 6 pcs dan ada 4 collar/bos serta sekalian ganti silnya ada 8 biji. Biayanya lumayan kalau untuk yang asli Honda, nich harganya untuk yang asli :

Ada yang dijual paket :

Lalu dijual Pro Link segitiga :

Dan pro link satunya lagi :

Lumanyun kan kalau yang asli, karena dijual assy alias satu paket tidak ngecer, harga ecerannya juga mihil klo ditotal. Kalau dompet kempes, bisa beli yang biasa, eceran terdiri dari 4 laher bambu, 4 collar dan 8 seal yang dijual kisaran 160ribuan, di toko2 sparepart dah banyak banget yang jual.

Seperti motor CB150R yang baru saja saya kerjakan ini, kondisi ekonomi siapa yang tahu… makanya pilih beli yang eceran biasa totalnya habis 220ribuan sudah termasuk pasang.

Tuch lihat kondisi sebelum dibongkar :

Setelah dibongkar, laher bambu pada ancur, collarnya pada aus.

Ini penampakan laher bambu dam collar versi murah.

Penampakan setelah dipasang :

Advertisements

10 KOMENTAR

    • Bkn hanya CB series aj mz..sgala yg suspensi balakng pke LINK y mmng bgitu prawatannya. V-ixion jg sama. Beda dng yg tnpa Link ky Byson dll..

  1. kalo pas lwt polisi tidur atau jalan jelek, pas landing nya itu suka bunyi ‘takk’ gtu ky besi di adu, apakah dari boshing swing arm nya juga ya mas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here