ARIPITSTOP.COM – Ganti kruk as baru hanya karena drat atau ulir di kruk as Yamaha Aerox rusak selek atau dol, inilah yang dikeluhkan beberapa owner Aerox 155 dan Nmax. Terhitung dalam dua bulan ini di bengke Saya sendiri sudah 3 kali menerima kerjaan turun mesin hanya karena drat kruk as di bagian CVT itu selek ulirnya, solusinya bikin drat baru atau ganti kruk as baru.

Mur CVT yang ada di pully depan motor Nmax dan Aerox memang pendek, berukuran 17 mm namun panjang ulirnya yang pendek sehingga akan mudah selek ulirnya kalau mekanik salah torsi saat memasangnya, bisa terlau kencang atau justru kekendoran, keduanya punya efek yang sama, yaitu ulir pada kruk as atau Mur bisa selek.

Bisa dilihat dibawah ini, Mur yang kiri adaah Mur 17 bawaan motor Nmax dan Aerox.

Foto bukalapak

Kalau ulir atau drat pada kruk as Nmax atau Aerox sudah selek atau rusak, mau tidak mau motor harus belah mesin untuk mengganti kruk as yang baru atau kruk asnya didrat ulang di bengkel bubut.

Makanya sekarang sudah tidak asing lagi ketika Mur 17 bawaan motor diganti dengan Mur yang ulirnya lebih panjang, kalau saya sendiri memakai Mur 19 yang sekalian ada penguncinya seperti pada gambar dibawah ini atau bisa pakai Mur As Roda belakang motor bebek Yamaha seperti Jupiter Z atau Vega.

Seperti pada motor Aerox yang satu ini, sang pemilik datang ke bengkel Zona Speed karena sudah capek katanya sudah 4 kali bolak balik ke bengkel untuk ngakalin mur CVTnya yang selalu kendor. Kalau datang di bengkel Saya, sudah pasti saya kasih dua solusi yaitu didrat ulang yang biayanya habis sekitar 600ribu sudah total semua termasuk jasa turun mesin atau ganti kruk as baru yang biayanya bisa tembus satu jutaan karena harga kruk as sendiri sudah Rp 782.000, belum lagi beli paking2 dan tentunya jasa turun mesin.

Lalu kenapa motor yang satu ini harus ganti baru kruk asnya, kenapa tidak didrat ulang saja biar hemat biaya?.

Ketika saya bongkar ternyata bukan hanya dratnya saja yang rusak, melainkan dudukan Primary Fixed Sheave alias kipasnya itu juga sudah rusak, daripada menanggung resiko kipasnya rusak2 terus, lebih baik ganti kruk as baru. Bisa dilihat fotonya dibawah ini.

Bagian drat dan dudukan kipas yang rusak.

Bandingkan dengan kruk as yang baru.

Inilah salah satu efek ketika drat di kruk as CVT Yamaha Aerox atau Nmax itu sudah selek, harus turun mesin karena bengkel bubut ketika bikin drat ulang harus dalam kondisi kruk as terpisah dari mesin, mereka tidak mau mengerjakan drat ulang dalam kondisi kruk as masih nempel di motor, meskipun ada beberapa bengkel yang sanggup bikin drat ulang tanpa harus turun mesin.

Berikut video proses ganti kruk as baru

Advertisements

20 KOMENTAR

  1. Yes ini udah kejadian di Lexi saya, karena sering bongkar pasang pulley untuk cari racikan yg pas untuk akselerasi dan powernya akhirnya dol karena gak pakai kunci torsi waktu kencengin murnya

    Karena cuma drat as mur nya saja yg rusak jadi saya senai ulang sendiri tanpa bongkar mesin pakai tap and dies tekiro uk. M12x1.75 (aslinya M12x1.25), Alhamdulillah hasilnya bagus dan presisi. Tinggal pasang mur baru (M12x1.75)

    Sekarang Nmax saya sudah ganti mur roda belakang Jupiter MX dan beli kunci torsi, tapi saya belum tau berapa torsi pulley maxi Yamaha, kang Ari mohon di share dong torsi pulley nya 😄

  2. Lek aku baru ambil freego 2 mgguan jlan, kok klo d pk boncengan speed 40-50 ada suara kyk dret dret gt y d cvt..
    Kyk geter belt ny..
    Apa mu itu yo lek..

  3. lek, itu penyebab slek dratnya kalo torsi ga pas kan ? Kalo blm pernah bongkar aman ga ?
    punya saya udah 2,5thn blm pernah bongkar bagian situ hehe,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here