ARIPITSTOP.COM – Berbicara soal penjualan motor, pasti kita selalu ingat dengan data AISI, sayangnya data penjualan motor di Indonesia sudah tidak bisa diakses lengkap per unit seperti sebelum tahun 2018 karena infonya ada pabrikan yang sangat keberatan dengan data yang diumbar tersebut. Berbeda dengan negara lain yang smapai saat ini terus memberikan informasi penjualan setiap kendaraannya, contohnya di India. Di negara seribu tari ini pabrikan Jepang belum bisa mengalahkan pabrikan lokal seperti Hero dan bersaing ketat dengan Bajaj dan TVS.

Pabrikan Jepang memang harus kerja ekstra keras kalau mau bersaing soal penjualan motor di India, lihat saja sekelas Honda saja tidak mampu mengalahkan Hero yang saat ini terus menguasai daratan India yang jumlah penduduknya sudah mencapai 1 Milyar. Bisa dilihat dari penjualan motor untuk bulan November 2019, 10 motor terlaris di India adalah motor sport Hero Splendor yang angkanya mencapai 223.289 unit disusul motor matic Honda Activa dan posisi ketiga kembali dari pabrikan Hero yaitu Hero HF Deluxe yang terjual 159.544 unit di bulan November 2019.

Dalam penjualan 10 besar di India, hanya ada 3 motor Jepang yaitu Honda Activa di posisi kedua dengan penjualan 212.164 unit lalu ada Honda CB Shine di posisi 4 yang terjual 75.144 unit dan ada Suzuki Acces 125 di posisi 8 dengan penjualan sebanyak 49.128 unit.

Berikut data penjualan Top 10 bulan November di India :

Data diatas merupakan data Top 10 secara keseluruhan, lalu bagaimana penjualan khusus dikelas motor matic ?, bisa dilihat datanya dibawah ini. Untukdi kelas matic ternyata Honda Activa yang terbanyak penjualannya di bulan November 2019, lalu ada Suzuki Acces 125, bahkan Suzuki Burgman yang pernah dipamerkan oleh Suzuki Indonesia ada di posisi 9 dengan penjualan sebanyak 7.824 unit. Sayangnya saya belum bisa mendapatkan data top 10 untuk motor sport yang kemungkinan ada Yamaha bisa bersaing di daftar Top 10 penjualan motor sport di India.

sumber : gaadiwaadi.com

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Tapi Yamaha R15 VVA banyak diminati speedfreak di sana. Beberapa kali diadu sama KTM Duke 200, 250, 390, bahkan sama sodaranya sendiri, Yamaha FZ-25 yang mesinnya identik Scorpio tapi 250 cc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here