ARIPITSTOP.COM – Balapan MotoGP yang akan digelar di sirkuit Mandalika Indonesia, punya kesempatan sebagai seri pamungkas yang selama ini digelar di Valencia. Dorna sedang merencanakan merombak jadwal MotoGP mulai musim 2021.

MotoGP seri Australia yang digelar di sirkuit pantai Phillips Island merupakan seri yang sering mendapatkan protes dari para pembalap akibat cuaca yang tidak menentu, hujan, suhu dingin, dan badai berpotensi terjadi di kawasan pulau seluas 10 ribu hektar itu pada pengujung tahun. Skenario terburuk hampir terjadi pada edisi MotoGP Australia musim 2019 ketika kualifikasi terpaksa diadakan pada hari yang sama dengan balapan.

Atas dasar kejadian tahun 2019 ini dan tahun2 sebelumnya yang terus mendapaykan protes dari para pembalap, pihak Dorna akhirnya berencana memindahkan seri Australia menjadi seri pembuka yang selama ini digelar di Qatar. Gagasan memajukan jadwal balapan sudah diajukan oleh Dorna Sports kepada Australian Grand Prix Corporation (AGPC) sebagai penyelenggara balapan.

Pihak AGPC masih menolak gagasan tersebut karena berdekatan dengan gelaran balapan F1 di Australia juga. Namun usaha terus akan dilakukan oleh Dorna untuk memindahkan seri Australia, Dorna berencana menjadikan Australia sebagai seri pembuka musim 2021 dan digelar pada bulan Februari. GP Thailand dan Qatar menjadi seri ke-2 dan 3 pada bulan Maret.

Bukan hanya di Australia, Dorna juga berencana memindahkan seri Valencia lebih cepat dari biasanya yang sebagai seri pamungkas. Kondisi cuaca di Spanyol yang sedang memasuki musim dingin membuat trek licin dan membahayakan pembalap.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ?, Sirkuit Mandalika kemungkinan akan mengisi balapan bulan Oktober yang ditinggalkan oleh Australia dan Thailand. Dan justru bisa menjadi seri pamungkas yang ditinggalkan Valencia.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here