ARIPITSTOP.COM – Kabar tak sedap datang dari kubu Honda, pihak HRC dikabarkan akan memutuskan hubungan kerjasamanya dengan pihak Repsol mulai tahun 2021. HRC digosipkan sudah tidak bisa lagi kerjasama dengan Repsol karena terlalu mencampuri urusan teknik di dalam tim.

Kerjasama antara HRC dengan Repsol sudah berjalan sangat lama, tahun 2020 nanti merupakan tahun ke-26 mereka menjalani balapan di MotoGP. Repsol pertama kali menjadi sponsor utama tim pabrikan HRC di GP500 1994, dan meraih gelar dunia pada 1995-1998 lewat Mick Doohan. Pada 1999, mereka melanjutkan dominasi lewat Alex Criville, begitu juga lewat Valentino Rossi di MotoGP 2002 dan 2003.

Pada 2006, mereka juara lewat Nicky Hayden, dilanjut Casey Stoner pada 2011, dan Marc Marquez pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Uniknya, HRC justru ingin memutuskan kerja sama yang membuat tim pabrikan mereka jadi yang tersukses dalam sejarah Grand Prix.

Dilansir dari Speedweek, HRC digosipkan sudah gerah dengan perlakuan Repsol yang selalu mencampuri urusan pemilihan pembalap. Setelah era Casey Stoner, para pembalap HRC selalu berkebangsaan Spanyol karena Repsol adalah produsen berasal dari Sapnyol.

Bisa dilihat dari susunan pembalap setelah era Stoner, Repsol Honda menggaet Marc Marquez untuk ditandemkan dengan Dani Pedrosa. Setelah Pedrosa pensiun pada akhir 2018, digantikan oleh Lorenzo. Dan setelah Lorenzo memutuskan pensiun digantikan oleh Alex Marquez.

Ternyata ada kabar jika sebelum mendapatkan tanda tangan Alex Marquez, Alberto Pulig sempat mengajukan nama Johan Zarco sebagai pengganti Lorenzo dan dua kali pengajuan pembalap asal Prancis tersebut ditolak oleh manajemen.

Kabar berhembus jika Repsol akan digantikan oleh Shell, hal ini didukung kabar bahwa tim Idemitsu Honda Team Asia Moto2 nyaris bekerja sama dengan Shell untuk 2020. Dan bisa saja akan bergabung dengan Red Bull. Meskipun saat ini Red Bull sudah bekerja sama dengan KTM, tak bisa dipungkiri mereka tetap bekerja sama dengan HRC, bahkan Red Bull selalui menjadi sponsor pribadi para pembalap HRC.

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. Berarti bisa jadi livery Honda RCV213 bakal pakai merah-putih-biru ala HRC plus ketambahan grafik Shell. Maybe…

    Anyway harusnya Pertamina ambil peluang ini, hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here