ARIPITSTOP.COM – Motor Yamaha Nmax ternyata kini sedang trend menjadi kendaraan operasional para perangkat desa, tak tanggung-tanggung Pemkab Klaten memborong 401 unit motor Yamaha NMAX keluaran terbaru berwarna merah untuk kepala desa (kades) dan lurah, dana segar hingga 11 Milyar untuk kebutuhan pembelian seluruh unit Nmax warna merah.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, M. Himawan Purnomo, mengatakan pengadaan kendaraan operasional untuk 10 lurah dan 391 kades itu guna peremajaan motor operasional lama. Selama ini, sepeda motor operasional lurah dan kades bertipe Suzuki Titan dari pengadaan pada 2012 lalu. Sementara motor untuk kasi trantib merupakan fasilitas baru.

“Tentu tujuan ada kendaraan operasional baru itu bermuara pada optimalisasi pelayanan ke masyarakat,” jelas Himawan dilansir dari Solopos.com.

Dana untuk pengadaan semua unit Nmax ini mencapai 11,9 Milyar rupiah. Pembelian motor ini dilakukan di salah satu dealer Yamaha di Klaten dengan semua berwarna merah.

Selain di Klaten, pengadaan unit Nmax untuk kendaraan operasional para perangkat desa juga dilakukan oleh Pemkot Sukoharjo dan Pemda Boyolali. Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto, mengatakan nantinya 261 kades dan 6 lurah akan mendapatkan kendaraan dinas baru.

“Anggaran sudah disiapkan sekitar Rp7 miliar, dan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020,” ujar Paryanto dilansir dari Solopos.com.

Kemudian seluruh pejabat tingkat kepala desa, lurah hingga camat di Sukoharjo sekarang memakai motor dinas Yamaha NMAX warna merah. Ini menggantikan motor dinas sebelumnya, yaitu Suzuki Shogun 125 produksi tahun 2014. Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Sukoharjo mengeluarkan dana 4,9 milyar rupiah.

Menurut Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, sebanyak 179 unit motor diberikan kepada kades, lurah hingga camat di Kota Makmur. Dikatakan, 150 unit motor untuk kades, 17 motor untuk lurah dan 12 unit motor untuk camat.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. 11m
    Klo d pake buat bikin atau benerin jalan dapet brp KM ya?
    Secara kades pasti mampu lah klo cuma beli roda dua

    Semoga manfaat untuk mengabdi kepada masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here