ARIPITSTOP.COM – GSX-R250 merupakan proyek ambisius dari Suzuki yang sampai sekarang belum juga nongol, berbagai informasi menguatkan jika proyek ini memang ada namun Suzuki terlihat lamban dalam pengembangannya, lalu bagaimana kelanjutannya?.

Kabar mengenai Suzuki GSX-R250 sudah hadir sejak tahun 2016 yang lalu, namun meski pada akhirnya justru Suzuki Cina yang merilis GSX-250R atau versi satu cylinder di tahun 2016 silam. Namun berita mengenai GSX-R250 dua cylinder terus berlanjut bahkan dikuatkan dengan pihak Suzuki yang mendaftarkan paten baik dari segi desain hingga mesin yang akan digunakan GSX-R250 nantinya.

Melihat dari beberapa paten yang sudah didaftarkan oleh Suzuki dan diunggah oleh kojintekibikematome bisa tergali beberapa informasi. Pertama kita lihat paten bagian mesin, jika melihat desain engine paten yang didaftarkan oleh Suzuki, dilihat dari samping sudah jelas banget berbeda dengan desain dari mesin Inazuma. nomor 10, 11 dan 12 itu adalah bagian dari Cylinder, kemudian di nomor 13 adalah tutup head cylinder dan disitu terlihat jelas motor yang satu ini memakai Camshaft tipe DOHC.

Kemudian yang nomor 18, di dalam paten disebutkan bahwa itu adalah pompa Liquid Cooler, artinya sudah jelas bahwa engine ini akan memakai sistem pendinginan air radiator.

Dan ketika dilihat dari depan, jika di samping kanan bernomor 18 tadi adalah pompa liquid cooler maka untuk yang tampak dari depan dengan nomor 14 adalah oil cooler, sedangkan yang nomor 15 disampingnya tersebut adalah oil filter. Artinya adalah, motor ini memakai dua jenis pendinginan yaitu Liquid Cooler dan Oil Cooler, sadis bro… belum lagi nanti bagaimana desain dari fairingnya apakah menunjang juga sebagai Air Cooler, sadiii….z.

Dari sinilah indikasi bahwa motor ini akan memiliki power yang besar yang membutuhkan pendinginan motor yang lebih inten, bahkan isunya dulu smapai 40HP. Hal ini juga ditunjang dengan desain dari crankshaftnya, terlihat ada dua balancer yaitu nomor 26 dan 27 yang berfungsi untuk mengurangi getaran yang dihasilkan oleh mesin.

Kemudian melihat lagi paten berupa box filter udara. Bisa dilihat nomor 53, itu adalah intake menuju Throtle body, terlihat ada dua intake udara disitu semakin memperjelas motor dua cylinder.

Lalu ada lagi Suzuki mendaftarkan sistem pemanfaatan bahan bakar berupa tabung yang berguna untuk menampung campuran bahan bakar yang tidak ikut masuk ke ruang bakar, istilah kerennya di Indonesia adalah YEIS (istilah di Yamaha😁), tabung ini menampung sementara campuran bahan bakar yang gagal masuk ke ruang bakar akibat klep intake sudah keburu menutup dan disalurkan kembali ketika klep in terbuka. Posisi tabung ini ada diatas sokbreker belakang.

Lalu ada beberapa paten engine yang didaftarkan oleh Suzuki.

Bahkan desain dari motor ini juga sudah didaftarkan.

Dari beberapa paten diatas bisa disimpulkan bahwa proyek ini memang ada akna tetapi informasi terakhir yang didapatkan bahwa pengembangan GSX-R250 sempat dihentikan sementara dan akan dilanjutkan lagi karena sedang fokus pada motor yang sedsng laku saat ini mungkin motor matic.

Bahkan pengenalan produk yang menyinggung adanya GSX-R250 pernah dibahas di internal Suzuki di Yunani, disitu muncul nama GSX-R300 dan GSX-S300, nach kan…

Yang jadi pertanyaan pastinya kapan motor ini akan benar2 dirilis oleh Suzuki.

Advertisements

13 KOMENTAR

  1. Kok komen2 di atas mikirnya suzuki cuma ngincar pasar 250 ya?🤣
    Padahal yg di incar pasar 300-400cc global yg sangat amat menggiurkan, 250 mah cuma receh (indonesia, jepang sama malaysia doang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here