ARIPITSTOP.COM – Marquez dan Rossi kembali terlibat insiden yang membuat keduanya saling menyalahkan, insiden di akhir2 kualifikasi MotoGP San Marino yang membuat keduanya hampir bersenggolan dan gagal meraih waktu tercepat.

Marquez dan Rossi memang sempat terlihat melaju nyaris bersamaan menjelang akhir sesi kualifikasi di mana Marquez berada tak terlampau jauh di belakang Rossi. Beberapa saat kemudian, keduanya terlihat saling menyalip, dan di Tikungan 14 keduanya sama-sama melebar dan nyaris bersenggolan.

Insiden ini membuat Marquez dan Rossi gagal mencatatkan waktu terbaik mereka, dan usai sesi berakhir. Mereka pun dipanggil oleh FIM Stewards Panel untuk menjelaskan insiden tersebut menurut pandangan masing-masing. Sebelum memenuhi panggilan tersebut, Marquez pun memberi penjelasan kepada awak media.

“Awalnya saya tak paham apa yang terjadi, karena aksi salip macam itu di kualifikasi agak aneh. Entah apa tujuan Vale. Tapi saya akan jelaskan bahwa sejak awal sudah jelas karena orang akan berkata, ‘Marc kembali membuntuti Vale’ tapi kenyataannya tidak begitu,” ungkap Marquez seperti yang dilansir Crash.net.

Menurut Marquez, dirinya keluar dari pit tidak ada pembalap yang melaju, dirinya mendapati Rossi setelah trek lurus hingga akhirnya tepat di belakang Rossi dan tidak berniat untuk membuntuti.

“Tujuan saya adalah ngotot sampai akhir. Kami memulai lap terakhir dan saya membentuk margin di antara kami. Kemudian kami keluar dari Tikungan 6 dan ia menyentuh area hijau, jadi lapnya dibatalkan. Lalu saya lihat ia melaju cepat, tapi tak supercepat. Kemudian saya lihat peluang menyalip di trek lurus,” kisah Marquez.

“Kami pun tiba di Tikungan 14 dan saya masuk. Kemudian saya lihat motor hitam-kuning melaju sangat cepat dari jalur dalam dengan kecepatan yang mustahil untuk melewati tikungan itu,” lanjut Marquez.

Marquez pun bersyukur karena dirinya dan Rossi tak bersenggolan atau bertabrakan. Matquez juga mengklarifikasi bahwa gestur angkat tangan kiri yang ia lakukan pada Rossi pada insiden tersebut bukanlah untuk meminta maaf.

“Saya beruntung bisa menghindari kecelakaan, ini reaksi yang bagus. Soal reaksi kedua dengan gestur tangan saya, saya ingin tegaskan itu bukan untuk minta maaf, itu untuk bertanya ‘apa yang terjadi di sini?’ karena saya tak paham. Tapi yang terpenting adalah saya bisa menghindari kecelakaan,” tutupnya.

Berikut video keduanya saat hampir bersenggolan :

2 KOMENTAR

  1. keliatan banget kalau rossi cuma mau ganggu lap marquez, gak mungkin nyalip di tikungan kayak gitu, toh rossi habis nyalip juga negakin motor, yang artinya dia gak bener2 mau overtake marquez

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini