ARIPITSTOP.COM – Lagi-lagi Indonesia tertinggal negara lain dalam menyiapkan sirkuit untuk balapan MotoGP, sebelumnya Thailand untuk pertama kalinya menggelar balapan MotoGP tahun 2018 dan kini Finlandia resmi masuk jadwal MotoGP mulai tahun 2020.

Pada Juli 2017, pihak pengelola KymiRing dan Dorna telah menandatangani kesepakatan untuk menggelar MotoGP Finlandia selama lima tahun. Sebagai tindak lanjut kesepakatan ini, pada 24 Agustus 2018 pihak penyelenggara MotoGP mengumumkan bahwa KymiRing akan mulai menggelar balapan pada 2020.

KymiRing yang menjadi tempat digelarnya GP Finlandia 2020 didesain oleh Pohjola dan Apex. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,6 kilometer dan dibangun di atas lahan seluas 1,8 kilometer persegi.

Sebagai langkah awal, 6 pembalap akan melakukan uji coba di sirkuit baru ini. Pembalap penguji siap menjajal Sirkuit KymiRing yang menjadi venue MotoGP Finlandia, pada 19-20 Agustus 2019.

Keenam pembalap penguji yang akan menjajal trek di Finlandia adalah Stfan Bradl (Honda), Michele Pirro (Ducati), Sylvain Guintoli (Suzuki), Jonas Folger (Yamaha), Bradley Smith (Aprilia), dan Mika Kallio (KTM).

Sirkuit KymiRing telah dipersiapkan sejak empat tahun lalu. Dorna, promotor MotoGP, telah menyepakati kontrak berdurasi lima tahun dengan KymiRing sejak 2017. Dengan bertambahnya seri Finlandia, maka balapan MotoGP di musim 2020 akan berjalan sebanyak 20 seri.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here