iklan iwb

ARIPITSTOP.COM – Setelah resmi diperkenalkan oleh AHM awal tahun 2019, kini PCX Electric resmi digunakan untuk operasional ojek online. AHM bekerja sama dengan Gojek Indonesia dalam penggunaan PCX electric oleh mitra Gojek sekaligus untuk mengkaji efektivitas motor listrik sebagai alternatif kendaraan transportasi berbasis aplikasi. Hasilnya nanti diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian dan pengembangan kendaraan listrik pada tahap berikutnya.

Tentu ini menjadi terobosan baru untuk kendaraan listrik di Indonesia, motor listrik benar2 diuji kelayakannya ketika digunakan di jalan raya saat ini karena di Indonesia belum terbiasa dengan motor listrik.

Namun pemakaian PCX listrik masih terbatas karena penggunaan PCX listrik akan dipusatkan di Jakarta dan melibatkan mitra Gojek terpilih. Mitra itu bakal melayani masyarakat dengan mengendarai PCX listrik.

Hasil uji coba PCX listrik di layanan GoRIde, baik pengalaman mitra pengendara maupun penumpang, akan menjadi masukan untuk menjajaki kemungkinan pengembangan kerjasama ke skala yang lebih luas.

Honda PCX Electric melengkapi varian PCX series yang sebelumnya sudah dirilis PCX 150 dan PCX Hybrid. Namun berbeda dengan kedua PCX sebelumnya yang masih memakai bahan bakar, kali ini adalah benar2 murni motor listrik. Sayangnya motor listrik pertama dari AHM ini belum dijual untuk umum tetapi baru untuk disewakan atau direntalkan.

Johannes Loman Executive Vice President Director PT AHM mengatakan bahwa tahap awal, AHM menjalankan skema bisnis berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis perusahaan di berbagai lini. AHM juga akan menggandeng pihak ketiga dalam melayani penyewaan dengan berbagai perusahaan. Kegiatan penyewaan ini akan dimulai pada kuartal pertama 2019 di beberapa kota besar Indonesia.

Mewarisi seri Honda PCX yang mudah dikendarai dan mempunyai posisi berkendara yang sangat nyaman, Honda PCX Electric mewujudkan pengendaraan urban yang nyaman dan elegan. Dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

AHM pun sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/ penggantian baterai. Untuk keadaan darurat, contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit, siap memberikan pelayanan maksimal.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Para begal siap sedia..mau dapat rejeki nomplok sepeda motor ratusan juta dipakai sama Abang ojek.. kasian Abang ojek yang jadi korban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here