ARIPITSTOP.COM – Yamaha baru saja merilis motor listrik terbarunya dengan label Yamaha EC-05, motor ini merupakan hasil kolaborasi antara Yamaha dengan produsen motor listrik bernama Gogoro di Taiwan. Yamaha EC-05 merupakan motor listrik kelima Yamaha Motor setelah Passol pada 2002, EC-02 pada 2005, EC-03 pada 2010, dan E-Vino pada 2014. Motor listrik ini mulai diproduksi pada Agustus 2019 dengan banderol 45 jutaan rupiah.

Tak dipungkiri perkembangan motor listrik di Taiwan sangat pesat dibandingkan negara Asia lainnya, tak salah jika Yamaha berkolaborasi dengan pabrikan motor listrik asal Taiwan tersebut. Yamaha dan Gogoro membentuk kemitraan tahun lalu, dengan tujuan menggabungkan powertrain Gogoro ke motor listrik Yamaha. Dan kerjasama tersebut kini hadir dalam Yamaha EC-05.

Jalinan kerjasama ini Yamaha bertanggung jawab dalm pengembangan desain sedangkan pihak Gogoro mendaoatkan jatah seluruh jeroan, mesin listrik dan rangka. Yamaha EC-05 bisa mencapai kecepatan maksimum 85-95 km/jam dan bisa menempuh jarak mencapai 100 km sebelum batery dicas kembali.

Soal perawatan sudah tidak diragukan lagi terlebih soal pengecesan batery, karena after sales dari motor Gogoro di Taiwan sudah banyak sehingga tak sulit bagi Yamaha untuk menetrasikan motor listrik ini di Taiwan. Dengan menggunakan platform motor listrik Gogoro, para pemilik Yamaha EC-05 bisa memanfaatkan batery swapping di lebih dari 1.200 stasiun GoStation di Taiwan.

Sehingga Yamaha bisa dibilang agak sedikit bisa bernafas untuk lebih memikirkan aspek marketing dari Motor karean aspek aftersales berupa layanan Isiulang dan penukaran baterai sudah ada jaminan.

Advertisements

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here