ARIPITSTOP.COM – Tampang motor mungkin jadi lebih keren, tapi jangan abaikan resiko yang bisa terjadi ketika kita memasang plat nomor di atas spakbor depan. Jika bracketnya patah maka resiko kecelakaan bahkan sampai kematian bisa mengancam kita.

Sering kita jumpai plat nomor dipasang di spakbor depan, terutama lebih sering terlihat di motor matic, alasan utamanya sich biat motor terlihat lebih menarik gara2 adanya plat nomor yang terutama di jidat atau tameng depan bahkan tak jarang yang posisi plat nomor agak menutupi headlamp sehingga terlihat kurang elok.

Tapi hati2 ketika kita pasang plat nomor di spakbor depan karena jika patah atau lepas akan mencelakaan kita, seperti yang dialami oleh bro Dikki Abdillah Syahputra. Diposting di grup Nmax, dia menuliskan pengalamannya ketika bracket plat nomor yang terpsang di spakbor mengalami patah. Dirinya hampir terjatuh bahkan ban depan sempat terangkat karena ban depan melindas plat nomor dan plat tersebut menyelip di roda depan.

Berikut postingan yang diunggah Dikki Abdillah Syahputra di grup Nmax :

Insiden patah breket baru saya alami sewaktu pulang kerja sob. Patahnya waktu dtikungan kecepatan 45kpj, ban depan motor langsung ngangkat krn nabrak patahan breket yg jatuh kedepan.

Hampir saja saya terjatuh krn slip ban depan swktu saya rem mendadak krn kaget.

Usia breket mmg sudah 2 thn saya pakai, sudah ada gejala retakan disambungan las dikedua sisinya, salah saya jg sih gk lgsg membuka breketnya.

Baru kmrin saya baca posting patah breket plat no nmax disini dan mala terjadi ke saya.

Smoga musibah saya ini jadi pelajaran buat teman2 yg pnya breket sprti itu.

Dan ternyata kejadian seperti ini bukan yang pertama kalinya, karena ada beberapa biker yang menceritakan pengalamannya, serem juga bro… jadi pembelajaran bersama buat kita agar lebih hati2 ketika memasang modifikasi plat nomor di spakbor depan.

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. Gimana kga celaka πŸ˜‚
    Pke model yg gtu, trus dikasi beban lampu sorot pula.
    Pasti patah lah.
    Ada kok model kawat baja, itu lbih kuat.
    Cuma ya jngn di kasi beban lgi πŸ˜‚

  2. pakai yg model cnc mbah…bukan las lasan…bahan aluminium..sambungan pakai baut…klo las lasan kena getar lama lama ya retak……tp harga ya lumayan 2 kali lipat dr pd yg dipost itu…saya crash parah…braket cm bengkok…

  3. Ya kesalahannya karena pake bracket las lasan, coba pakai yang CNC, ngga ada bagian yang getar lama-lama patah.

    Las lasan home industri ya resiko gitu. Mesih mending kalau custom sendiri, las-lasan bisa diperkuat.

    Makin kuat las-lasan = makin mahal. Itu bracket cuman 60K, bandingin ama full CNC yg paling murah 120K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here