ARIPITSTOP.COM – Sebuah video yang memperlihatkan dua orang berhasil menggondol motor Honda PCX 150, dalam video tersebut dengan mudah maling berhasil membawa Honda PCX yang terparkir di pinggir jalan. Video tersebut langsung viral karena seperti yang kita ketahui kalau Honda PCX memakai fitur keyless, apakah iya fitur ini dengan dibobol ?.

Dalam video yang diunggah oleh akun bernama @afmotoshop, langsung menjadi viral, sayangnya dalam postingan tersebut tidak menerangkan sumber video dan di negara mana kejadian aksi kejahatan tersebut. Tapi setelah saya telusuri ternyata kejadian bukan di Indonesia, paling mudah bisa tuch lihat kendaraan-kendaraan di lokasi dan plat nomornya, hehehehe… ini lokasinya ada di negara Brazil.

Yup, sumber video berasal dari akun IG bernama amanda.pagliari yang berasal dari negara Brazil.

Berikut videonya, via hp klik disini.

Ok dech… saya langsung meluncur ke website Honda Brazil dan hasilnya apa ?. Hasilnya adalah, Honda Brazil memang menjual PCX 150 seperti yang di Indonesia namun memiliki strategi yang berbeda. Honda PCX di Brazil memiliki tiga varian yaitu Honda PCX Standar, Honda PCX Sport dan Honda PCX Deluxe, apa perbedaan ketiganya ?.

Honda PCX Standar di Brazil menggunakan 2 warna pilihan yakni Dark Silver dan Biru dongker metalik. PCX Standar ini masih menggunakan kunci kontak manual Secure Key Shutter (Belum Keyless), Rem belakangnya masih Tromol, serta pengereman masih Combi Brake ( belum ABS ).

Kemudian untuk tipe PCX Sport dan PCX Deluxe hadir dengan spesifikasi yang sama persis dengan yang hadir di Indonesia yakni menggunakan Keyless, rem belakang sudah Cakram, pengereman Anti Lock Brake system ( ABS). Sementara pembeda dari Versi Sport dan Deluxe hanyalah di pewarnaan saja dimana Untuk versi Sport hadir warna Yang berani kombinasi Silver dan Orange.

Honda PCX Sport

Honda PCX Deluxe

Dari sini bisa disimpulkan bahwa motor yang berhasil dibobol maling belum tentu adalah PCX versi Keyless, sehingga kita belum bisa membuktikan bahwa apakah benar fitur keyless bisa dibobol oleh maling. Masih menjadi perdebatan namun minimal kita sudah mengetahui bahwa di Brazil masih menjual Honda PCX versi kunci kontak manual.

Advertisements

8 KOMENTAR

  1. kendaraan keyless sebenarnya lbh mudah dicuri drpd kunci biasa… cukup duplikat gelombang kunci keylessnya, motor dah bisa dibawa lari… cm dgn modal yg lbh mahal saja, perlu alat deteksi gelombangnya dan pemancarnya…

    • Sinyal nya ga bisa derkam kang, soalnya itu sudah ada énkripsi dan komunikasi 2 arah, dan setiap diaktifkan sinyal pasti berubah. Ga kaya keyless murah yg sinyal nya selalu sama dan dapat diduplikasi.

      Ini ga seperti mobil remot yg frekuensi nya bisa bocor ke mobil remot yg lain, disini sinyal nya udah canggih, sudah di énkripsi.

  2. bukan keyless karena malingnya mematahkan kunci stang dg kaki dibantu temannya dibagian roda. kunci bisa dipaksa ke posisi on tapi kunci stangnya gak kebuka.

  3. keyless generator memancarkan kode pada gelombang 433,92GHz, kode di encrypt (hash) dan echo. komputer dikendaraan akan menyamakan hash dari keyless untuk memastikan kode benar. kode dari generator selalu berubah-ubah (clock-base generator) jadi tidak bisa direkam. setiap keyless memiliki generator key yg berbeda, tidak bisa ditukar. untuk motor, keyless generator ada di ecu, bukan unit terpisah. mesin tak akan hidup jika ecu tidak mengijinkan hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here