ARIPITSTOP.COM – Setelah resmi dilegalkan oleh FIM, pihak Ducati mulai terbuka dengan winglet yang ada swing arm motornya. Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna menyatakan bahwa pihaknya terinspirasi oleh deflektor air Yamaha untuk merancang winglet swingarm yang menjadi kontroversi di MotoGP.

Pada saat sesi press con di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina pada Kamis (28/3, Winglet yang dipakai sejak Seri Qatar ini diakui Ducati hanya untuk mendinginkan ban belakang tiga motor Desmosedici GP19. Sebelumnya 4 tim pabrikan protes akibat pemakaian winglet yang dipakai Dovizioso saat memenangi balapan di seri perdana di Qatar 2019. Hanya Yamaha yang tidak ikut protes karena musim lalu di Valencia, deflector ini sudah terpadang di motor Vinales yang tujuan utamanya untuk menghindarkan percikan air langsung ke ban belakang.

Dall’Igna pun tak memungkiri bahwa ia dan timnya Ducati terinspirasi dari deflektor air yang dipasangkan Yamaha pada swingarm YZR-M1 milik Valentino Rossi dan Maverick Vinales pada MotoGP Valencia akhir tahun lalu, yang dipakai dalam kondisi hujan.

“Ducati punya ide ini berkat mengopi Yamaha, karena Yamaha memakai sebuah sistem seperti ini di Valencia, juga mungkin sebelumnya di beberapa latihan, tapi yang jelas dalam balapan di Valencia. Ducati dapat ide ini untuk lihat apa yang dilakukan para rival, jadi saya rasa pabrikan lain bakal mengopi kami juga sekarang,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini