iklan iwb

ARIPITSTOP.COM – Sebelum winglet yang terpasang di motor Dovizioso dipakai pada balapan di Qatar 2019, ternyata Aprilia sudah duluan mengembangkan teknologi winglet yang terpasang di swing arm. Akan tetapi pihak Aprilia tidak melanjutkan pengembangan teknologi tersebut karena ditolak oleh Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge. Akan tetapi Aprilia heran ketika Ducati diijinkan dan dinyatakan legal oleh Danny Aldridge atas penggunaan winglet yang mengantarkan kemenangan Dovizioso.

Aprilia menjadi salah satu keempat tim yang ikut menggugat penggunaan winglet yang terpasang di swing arm motor Ducati, mereka yakin bahwa desain winglet tersebut bukan hanya untuk mendinginkan ban belakang tetapi juga menghasilkan downforce yang dilarang sesuai regulasi di MotoGP. Massimo Rivola selaku CEO dari Aprilia mengaku menyayangkan sikap dan kebijakan Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge, yang memperbolehkan Ducati menggunakan winglet tersebut, padahal sempat melarang keinginan Aprilia mengembangkan perangkat serupa selama masa pramusim.

“Ducati tak boleh pakai sayap itu. Saya tak percaya sayap itu hanya mendinginkan belakang. Jika menghasilkan downforce, dan meski digunakan dengan maksud lain, sayap itu menyalahi regulasi. Ini tidak baik, kecuali semua tim memakainya. Dia (Direktur Teknis) tak bisa berkata ‘tidak’ pada Aprilia dan ‘ya’ pada Ducati,” ujar Rivola via Motosprint.

Rivola memang belum lama di MotoGP, akan tetapi dirinya merupakan eks Sporting Director Scuderia Ferrari di Formula 1, sehingga dirinya paham mengenai teknologi yang berfungsi untuk aerodinamika untuk kecepatan. Rivola menyatakan bahwa Aprilia telah menguji winglet tersebut di markas mereka yang ada di Noale, Italia. Para insinyur Aprilia mengklaim bahwa perangkat ini menghasilkan downforce, dan hasil ini membuat mereka yakin Ducati mendapat keuntungan yang sama.

“Para insinyur kami telah mengonfirmasi, berdasar tes, bahwa sayap itu menghasilkan downforce. Jika sayap itu menghasilkan downforce pada motor kami, saya tak bisa berpikir sayap ini tak memproduksi hal serupa pada Ducati. Rasanya orang-orang Ducati sungguh tak berkredibilitas jika menyatakan sayap itu tak menghasilkan downforce,” ungkapnya.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here