ARIPITSTOP.COM – Beberapa hari yang lalu, Lorenzo mengataka jika kondisi suhu yang dapat berubah dengan cepat di Qatar dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi keselamatan para pembalap, oleh karena itu dirinya langsung berinisiatif meminta kepada Dorna untuk memajukan jadwal balapan di Qatar, dan akhirnya CEO Dorna Sports SL, Carmelo Ezpeleta mengatakan, bahwa ia bersedia mengubah menjadi pukul 7 malam, seperti tahun lalu.

Pada tahun 2018 yang lalu para pembalap juga melakukan protes kepada penyelenggara agar merubah jadwal balapan di Qatar agar dipercepat, hingga akhirnya balapan yang sedianya digelar pukul 9 malam waktu Qatar dimajukan dua jam menjadi pukul 7 malam waktu setempat.

Selama tes pra musim 2019 selama tiga hari di Losail Qatar, tercatat beberapa pembalap mengalami crash termasuk Lorenzo dan Marquez. Lorenzo menganggap bahwa faktor suhu yang tidak stabil menjadi pemicunya, dimana suhu Losail menurun drastis, terjadi angin kencang dan kelembapan udara meninggi. Lorenzo pun mengaku akan bicara pada CEO Dorna Sports mengenai jadwal penyelenggaraan pekan balap pada 8-10 Maret nanti.

“Saya terjatuh karena pada jam-jam tertentu, suhu di sini turun drastis dan kelembapannya tinggi. Pada saat yang sama tujuh rider terjatuh. Kami harus bicara serius dengan Carmelo Ezpeleta, meminta balapan dimulai lebih awal. Ini bakal baik untuk keselamatan dan kebugaran para rider. Saya harap kami bisa mengubahnya, meski hanya 30 menit atau satu jam lebih awal. Jika balapan digelar pada jam yang sama, kelembapan bakal sangat membahayakan,” ujar Lorenzo.

Dan akhirnya mereka berdua sudah membicarakan hal tersebut, “Saya sudah membicarakannya dengan Jorge dan dengan pembalap lain, serta kami harus mengevaluasi situasinya,” terang Ezpeleta dikutip dari Motorsport.com dalam konferensi pers di Madrid, Spanyol, Rabu (27/2).

“Saat ini tidak ada yang diputuskan, tapi jika ada di tangan kami untuk meningkatkan keselamatan para pembalap, kami akan melakukannya. Jika ada kondisi yang benar-benar berbahaya, kami akan menerapkan perubahan,” tandasnya.

Jika benar start balapan di Losail dimajukan, tentunya juga bakal berimbas pada jadwal Moto3 dan Moto2 Qatar, masing-masing mulai pukul 4 dan 5 sore waktu setempat. Ada pun, matahari terbenam berlangsung sekitar pukul 5:40 sore

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini