ARIPITSTOP.COM – Beberapa hari ini sudah banyak media yang membahas perihal Suzuki telah mematenkan mesin dengan posisi konfigurasi yang terbalik, unik karena melihat posisi mesinnya yang nyeleneh tidak seperti layaknya motor produksi massal lainnya. Melihat dari desain patennya seperti ini motor satu silinder atau multi silinder sejajar, namun belum diketahui untuk motor apakah ini.

Melihat dari desain mesinnya memang aneh, beda dengan mesin tidur kebanyakan yang posisi cylindernya dibawah, karena pada mesin ini justru posisi cylinder diatas dan sejajar dengan desain rangka, kemudian posisi girboks ada dibawah. Dan bisa dilihat posisi knalpot langsung moncong kebawah, desain mesin seperti ini diduga  keunggulannya adalah mesin yang lebih kompak sehingga jarak sumbu roda bisa lebih pendek, serta jarak ground clearance yang lebih tinggi sehingga panjang ayunan sok depan lebih leluasa.

Meski belum diketahui desain paten mesin dari Suzuki ini untuk jenis motor apa, tapi jika melihat dari rangkanya sich memang mengerucut ke motor trail, kenapa ?. Ternyata mesin sejajar diatas seperti itu bukan hal yang baru, karena mesin seperti ini sudah diterapkan di motor trail milik Husaberg, tepatnya pada tipe Husaberg FE450 dan FE570.

Mari kita lihat desain mesin dari Husaberg berikut ini :

Mesin dari Husaberg FE450 dan FE570 ini mempunyai mesin satu silinder SOHC dengan sudut konfigurasi 70 derajat. Mesin ini mampu memberikan top performance, kekuatan dan reabilitas. Pastinya, dengan crankshaft yang diletakkan dekat center or gravity, handling motorpun jadi maksimal. Dan ternyata mesin 70 derajat ini tidak hanya memaksimalkan sentralisasi bobot, tapi memindahkan tekanan giroskopik crankshaft lebih ke center of gravity. Dengan demikian, layout blok cylinder benar- benar datar. Ground clearance-nya ikut dinaikkan.

Bisa dilihat jeroan dari motor trail dari Husaberg dibawah ini. Mesin tiduran dengan konfigurasi 70 derajat, posisi girboksnya ada dibawah crankshaft.

Mari kita lihat motornya versi massalnya :

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here