ARIPITSTOP.COM – Kali ini saya berkesempatan untuk melakukan review awal dari oli Evalube 4T Pro Racing, oli ini baru dirilis oleh Evalube di bulan Mei 2018. Sensasi pertamanya gimana ?, asli motor kok jadi ngacir banget ya…

Oli ini memiliki spesifikasi SAE 5W-30 API SM/JASO MA. Pada saat sesi perilisan yang dilakukan di daerah Jakarta Selatan, pihak Evalube menjelaskan bahwa Evalube 4T Pro Racing ini diformulasikan dari base oil full synthetic dengan PAO + Ester Base Technology dan aditif khusus yang menghasilkan penambahan tenaga mesin dan peningkatan akselerasi kendaraan, menjaga suhu mesin lebih rendah, tingkat oksidasi lebih stabil serta mengurangi penumpukan kerak. Dilengkapi dengan teknologi Veltec memberikan perlindungan total terhadap mesin.

Dan dijelaskan pula kalau memakai oli ini memiliki keuntungan seperti :

  • Base oil full synthetic dipadukan dengan aditif khusus menjadikan motor lebih bertenaga
    dan berakselerasi tinggi.
  • Kestabilan oksidasi terjaga dan pencegahan penumpukan kerak maksimal sehingga umur mesin dan pelumas lebih lama.
  • Sifat detergency dan dispersancy yang lebih baik sehingga mesin menjadi lebih bersih.
  • Unjuk kerja kekentalan pelumas yang luar biasa baik pada suhu rendah maupun tinggi.

Lalu bagaimana hasilnya ?, yap… kali ini saya mereview di pemakaian 100km pertama, oli ini saya pakai di motor Suzuki GSX-S150. Tak butuh lama ketika mendapatkan oli ini langsung saja oli di motor saya ganti dengan Evalube 4T Pro Racing, ketika menghidupkan motor ternyata ada suara agak ngelitik gitu dech… saya pikir ini mungkin karena oli memiliki spek yang encer sehingga menjadikan motor agak ngelitik, namun tenryata dugaan saya salah, karena ketika sudah berjalan sekitar 4-5 kilometer suara mesin kembali normal, dan ini hanya terjadi ketika pertama kali ganti saja, karena setelah itu tidak ada gejala suara ngelitik lagi meski motor sudah lama dalam kondisi diam atau mesin dingin.

Impresi pertama memakai oli ini benar2 ajib, ketika masukin gigi atau mindahan gigi terasa sangat halus, beda banget dari sebelumnya. Kemudian, kebetulan kemarin di hari Hari Pelanggan Nasional saya pergi ke daerah Cawang yang tentunya melewati jalanan penuh macet, meski bermacet ria ternyata suhu mesin tetap stabil tidak ada gejala overheat.

Yang paling saya suka dari pemakaian oli ini adalah perubahan signifikan di bagian akslerasinya bro… sampeyan bakalan tergoda dengan peningkatan akslerasi yang didapat, maunya betot gas mulu karena tarikan motor jadi enteng banget. Bahkan saya coba sekali saja pelintir gas, gampang banget tuch dapetin kecepatan 115kpj, kondisi gas belum mentok.

Hasil yang didapat memang sepadan dengan harga oli ini, Evalube 4T Pro Racing ini dibanderol 250ribu setiap 1 liternya. Memang benar bro… ada harga ada rupa alias ada kualitas.

video via hp klik disini

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here