ARIPITSTOP.COM – Sudah sering terjadi kejadian motor tertukar akibat kunci kontak sama, bahkan kali ini tipe motor sama, warnanya juga sama sehingga membuat salah satu pemilik motor salah ambil motor milik orang lain. Kejadian ini memang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi, namun jika terjadi di daerah yang sama maka harus menjadi perhatian suatu pabrikan untuk mengatur agar tidak terjadi motor tertukar akibat kunci kontaknya sama.

Sebelumnya pernah saya ceritakan kenapa motor yang berbeda bisa memiliki kunci kontak yang sama (klik disini).

Peristiwa motor yang tertukar mungkin bisa terjadi pada siapa saja. Jumlah motor yang sangat banyak dengan bentuk yang sama, membuat pemilik bisa kebingungan atau tertukar saat di tempat parkir. Sebagian mempercayai kunci motor berbeda-beda, sebagian lagi, dengan pengalaman, mengungkapkan bahwa hal tersebut mungkin terjadi, bahkan ada pula yang bicara kalau hal tersebut karena motor cacat produksi.

Ada beberapa saran yang bisa dilakukan untuk mencegah kejadian seperti ini. Salah satunya adalah menggunakan kunci tambahan.

Lalu kenapa motor bisa tertukar ?, Produsen motor memproduksi jutaan kunci dengan beragam nomor seri dan sudah mengusahakan bahwa antar satu kunci dengan yang lain tidak akan bertemu. Setiap anak kunci pasti memiliki tipe atau bentuk gerigi yang berbeda dengan ditandai oleh nomor seri atau pin yang berbeda juga di setiap anak kunci, dan informasi yang saya terima bahwa nomor seri ini akan terulang dengan nomor yang sama setiap 10.000 pcs anak kunci.

Artinya, jika anak kunci diproduksi 20.000 unit maka akan ada dua anak kunci yang memiliki nomor seri yang sama dan artinya juga ada dua motor yang memiliki anak kunci yang sama. Jika anak kunci diproduksi sebanyak 50.000 ribu unit maka akan ada 5 motor yang memiliki kunci kontak yang sama, yang artinya kunci kontaknya bisa saling ditukar jika kelima motor itu kebetulan parkir berbarengan.

Namun jangan khawatir, karena setiap vendor/pabrikan motor tidak akan banyak memproduksi anak kunci dengan nomor seri yang sama karena mereka selalu menciptakan desain anak kunci yang akan selalu berbeda. Dan informasi yang saya terima bahwa setiap motor yang memiliki nomor seri yang sama akan dijual di tempat yang berbeda dengan jarak yang jauh, misalnya ada tiga motor A, B, C yang memiliki kunci yang sama maka motor A akan dijual di pulau Sumatera, motor B akan dijual di pulau Jawa dan motor C akan dijual di pulau Kalimantan. Hal itu untuk mencegah motor yang memiliki nomor seri yang sama akan saling bertemu.

Namun yang namanya suatu kejadian itu tidak bisa direncanakan, maka tak jarang kita temui kejadian motor saling tertukar di parkiran. Seperti yang kembali lagi terjadi di daerah Boyolali Jawa Tengah, sebuah motor Honda Beat tertukar di parkiran pasar.

Kenapa yang sering terjadi motor tertukar itu kebanyakan motor Honda ?, ya betul… karena motor Honda menguasai pasar di Indonesia, motor paling laris maka resiko motor tertukar akan lebih besar dibandingkan dengan motor yang kurang laku atau tidak selaris motor Honda. Bisa dilihat dari postingan yang sering diunggah oleh netizen, kebanyakan motor Honda lalu Yamaha meski jarang, selain kedua motor dari pabrikan itu belum pernah mendengarnya.

Seperti yang terjadi di daerah Bengkulu, seorang pemuda salah ambil motor di parkiran, ada dua motor dengan tipe yang sama, warna juga sama dan kebetulan kunci kontak juga sama. Si pemuda tidak sadar kalau motor yang dia bawa ternyata punya orang lain, alhasil pemilik motor bingung mencari dikira motornya hilang diembat maling. Sudah bikin geger warga dan akhirnya si Pemuda nongol mengembalikan atau menukarkan motornya yang salah, sudah jelas kalau misalnya si Pemuda berniat nyolong motor maka tidak bakalan kembali lagi menukarkan motornya. Beruntung warga tidak ikut emosi dan justru menjelaskan titik permasalahan yang hanya salah paham saja.

Berikut video kesalahpahaman akibat motor tertukar karena kunci kontak yang sama.

video via hp klik disini

Advertisements

12 KOMENTAR

  1. Yap kejadian jg di ane nih. Supra x 2009 vs beat 2016. Pas bapak ane yg pake supra ngambil kunci beat punya kaka ane. Dan motor nyala aja ky biasa. Pas nyoba sendiri, beneran bisa kontak gampang banget ky pake kunci asli nya. Semua jd heran

  2. Sama kejadiannya dengan teman saya motornya Supra X dan teman satu y Supra polos (Tromol), awalnya iseng masukkan kunci kontak ke supra tromol, bisa dibuka kunci stangnya dan juga sebaliknya, pas dilihat gerigi dan no kuncinya sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here