ARIPITSTOP.COM – Memang luar biasa kerennya, presiden Indonesia mau ber akting naik motor ketika menuju venue pembukaan Asian Games di stadion GBK. Motor yang dipakai oleh sang Presiden adalah Yamaha FZ1, sontak saja motor ini langsung viral menjadi bahan pembicaraan di medsos, apa saja yang dipakai oleh Presiden langsun menjadi trending topic.

FZ1 merupakan motor jalan raya yang diproduksi sejak 2001 silam. Generasi 1 dari FZ1 disebut juga dengan FZS1000 Fazer di Eropa. Rangkanya berbahan besi dengan model tubular, dan mesinnya hasil modifikasi dari Yamaha YZF-R1 yang masih menggunakan karburator. Sementara untuk model keluaran 2005, sudah disematkan catalytic converter.

Generasi kedua FZ1 dihadirkan pada 2006 yang sudah menggunakan teknologi terkini. Motor berkapasitas 998 cc, DOHC, dengan sistem bahan bakar injeksi. Mesin mampu menyemburkan daya 150 tenaga kuda, dengan torsi 106 Nm, transmisi manual 6-percepatan. Model ini masih menggunakan rantai sebagai penghubung tenaga ke roda belakang dan memiliki catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 km, atau rata-rata 14,9 kpl.

FZ1 dimasukkan ke dalam jajaran motor pengawalan presiden sejak 2010 lalu, sebagai langkah penyelamatan untuk bisa melibas kepadatan jalanan ibukota.

Lalu berapa harga motor dari Yamaha FZ1 ?, karena sudah tidak dijual lagi maka kita hanya bisa mengecek harga seken dari sang kuda besi, ternyata harganya tidak sampai 100jutaan.

Yamaha FZ1 terakhir diproduksi tahun 2015 silam. Setelah discontinue, awalnya Yamaha FZ1 itu posisinya diisi oleh Yamaha MT-09 dengan kapasitas mesin yang sedikit lebih kecil yakni 847 cc. Tapi, tahun 2016 pengganti yang lebih cocok untuk FZ1 yang berkapasitas 998 cc akhirnya datang, yaitu Yamaha MT-10.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Mas , beberapa kali saya sbg silent rider, kok saya amati kiblatnya konten blognya si mas lebih ke IWB 80%. Namun diolah sedemikian rupa dengan bahasa mas sendiri. GPP sih cuman bagi saya sbg silent rider. kayak cermin aja berkaca. pengene mas Ari bawain blognya bisa beda dengan banyakin artikel yang berbau tutorial tipis2 tp bermanfaat.

    oke matur nuwun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here