ARIPITSTOP.COM – Upacara pembukaan Asian Asian Games 2018 berlangsung semarak. Dibuka oleh ribuan penari yang membawakan Tari Saman dari Aceh, dilanjutkan dengan parade para atlet dari 45 negara yang ikut ambil bagian di ajang ini. Sebelumnya, ada video Presiden RI, Joko Widodo, begitu mahir naik motor gede. Aksi presiden Jokowi diatas motor ini mengundang decak kagum dan viral di media sosial, meskipun sebenarnya aksi tersebut dilakukan oleh stuntman.

Kenapa pada saat pembukaan Asian Games tersebut presiden Jokowi naik moge Yamaha FZ1?, yap… karena motor ini memang tungangan resmi para paspampres ketika bertugas.

FZ1 merupakan motor jalan raya yang diproduksi sejak 2001 silam. Generasi 1 dari FZ1 disebut juga dengan FZS1000 Fazer di Eropa. Rangkanya berbahan besi dengan model tubular, dan mesinnya hasil modifikasi dari Yamaha YZF-R1 yang masih menggunakan karburator. Sementara untuk model keluaran 2005, sudah disematkan catalytic converter.

Generasi kedua FZ1 dihadirkan pada 2006 yang sudah menggunakan teknologi terkini. Motor berkapasitas 998 cc, DOHC, dengan sistem bahan bakar injeksi. Mesin mampu menyemburkan daya 150 tenaga kuda, dengan torsi 106 Nm, transmisi manual 6-percepatan. Model ini masih menggunakan rantai sebagai penghubung tenaga ke roda belakang dan memiliki catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 km, atau rata-rata 14,9 kpl.

FZ1 ditampilkan sebagai motor yang mengusung konsep streetfighter, dan merupakan versi naked dari Yamaha YZF-R1.

Motor FZ1 dulu pernah jadi bahan pembicaraan hangat tepatnya tahun 2013 lalu saat motor ini terjepret ada di dalam truck distribusi motor milik yamaha, saat itu media berprediksi kalau yamah akan berniat memasukkan motor ini ke indonesia tanpa via IU dengan bukti di part catalog yamaha sudah muncul part catalognya.

FZ1 dimasukkan ke dalam jajaran motor pengawalan presiden sejak 2010 lalu, sebagai langkah penyelamatan untuk bisa melibas kepadatan jalanan ibukota.

Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here