ARIPITSTOP.COM – Balapan endurance hari ini dimulai hari ini, Jonathan Rea start dari barisan pertama disusul Vander Mark dengan YZF-R1, sementara pembalap Indonesia yaitu Andi Gilang yang bergabung di tim Honda Asia Dream Racing start dari posisi 11 namun dengan pembalap awal Zaqhwan asal Malaysia dan Andi Gilang masuk sebagai pembalap kedua setelah pembalap pertama menempuh 40 lap.

Sejak start awalnya tiga pembalap bersaing ketat antara Jonathan Rea dengan Vander Mark lalu di belakangnya ada Nakagami lalu ada Sylvain Guintoli yang memakai motor GSX-R1000, namun Nakagami yang memakai motor CBR1000RRSP2 agak mengendor sehingga setelah 1 jam pertama balapan berjalan berada di posisi keempat dibelakang Guintoli, posisinya cukup jauh dengan gap 17 detik dibelakang Rea yang memimpin jalannya balapan dipepet ketat oleh Van Der Mark.

Jual beli overtake terjadi, balapan Suzuka 8H ini hampir mirip balapan di WSBK karena kedua pembalap asal WSBK ini saling tempel. Van Der Mark dan Rea saling overtake.

Berikut posisi sementara 1 jam balapan :

Kemudian mulai di lap 43 tim2 top 10 saling bergantian masuk pit stop untuk ganti ban isi BBM dan pastinya saling bergantian pembalap kedua. Andi Gilang tampak muka tegang menunggu giliran pembalap pertama masuk ke pit, lap ke 46 Andi Gilang masuk ke trek dan sampai dua jam balapan berjalan, posisi Andi Gilang berada di posisi ke-6. Semangat pembalap Indonesia….

Untuk pembalap terdepan kini Alex Lowes yang sebelumnya menggantikan Van Der Mark  berada paling depan setelah berhasil meng overtake Haslam yang menggantikan Jonathan Rea… Rea kesorot kamera tampak langsung melepas werpak dan berendam di bak air belakang paddock… hehehhe…

Posisi balapan setelah berjalan dua jam :

Jam ke 3 Kawasaki Team Green memimpin 4,2 detik dari Yamaha Factory racing. Namun posisi itu tidak berlangsung lama karena memasuki jam ke-4 Yamaha Factory Racing kembali memimpin jalannya balapan. Memasuki 5 jam jalannya balapan, terlihat cuaca mendung dan sempat turun hujan sebentar, mobil safety masuk keliling lama sekali kemungkinan menunggu trek aman.

Hal yang tidak diinginkan terjadi ketika trek kondisi basah, Jonathan Rea mengalami crash… meski bisa masuk lagi ke trek dan motor masuk ke pit untuk diperbaiki, posiis Kawaskai Green Team turun ke posisi 3 sementara, Otomatis Van Der Mark melenggang sendirian di depan.

Memasuki jam ke-7 gap Yamaha Factory semakin menjauh dengan posisi kedua yaitu Red Bull Honda with Japan Post, buset gapnya jauh banget bro sampai 1 lap… Berikut posisi jam ke-7 :

Sekitar 30 menitan menjelang balapan selesai, kondisi langit mulai gelap, dan Yamaha factory Racing masih memimpin di depan Red Bull Honda dengan gap lebih dari 1 menit, Alex Lowes yang didaulat menjadi pembalap terakhir tampak berhati2 dengan YZF-R1nya, dalam layar kamera live streaming tampak Pak Anggono dan Thomas Wijaya dari AHM sudah tersenyum gembira karena posisi Honda Asia Dream Racing untuk sementara sudah berada di posisi ke-7.

Lihat situasi malam di Suzuka, 10 menit menjelang balapan berakhir,

Balapan berakhir dan akhirnya untuk ke-4 kalinya Yamaha Factory Racing menjuara balapan ketahanan Suzuka 8 Hours, luar biasa… Kondisi basah dan kering, drama, serta Safety Car menghiasi jalannya balapan di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (29/7). #21 Yamaha bahkan harus kehilangan Katsuyuki Nakasuga yang cedera patah tulang selangka karena kecelakaan saat kualifikasi. Namun ia tetap dinyatakan bagian dari tim.

Sementara Honda Asia Dream Racing yang ada pembalap Andi Gilang berhasil finish di posisi ke-7. Kendati tak dapat melaju ke fase kualifikasi Top 10 Trial, tim yang diperkuat Andi Gilang, Zaqhwan Zaidi dan Troy Herfoss ini berhasil mengemas urutan ke-7. Mereka sendiri sempat menyentuh enam besar.

Posisi akhir :

 

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. Gila gapnya sampai 1 lap…terlalu superior ini YFR. mngkn Kawasaki hrs pake Ninja H2 & HRC mesti pake RCV-S nih buat ngevoor R1M.. tapi ga boleh ya :V

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here