ARIPITSTOP.COM – Bisa dibilang dunia balap sedang berduka karena salah satu sirkuit yang merupakan icon balap kota Surabaya baru saja dirusak oleh oknum suporter bola. Baru saja mendapatkan informasi dari otojurnalisme.com yang mengabarkan jika kemegahan sirkuit Bung Tomo telah ternoda tangan2 jahil.

“sirkuit Gelora Bung Tomo hancur di rusak oknum suporter sepakbola,” kata Bambang Haribowo selaku ketua IMI Pengprov Jatim.

Dari foto-foto kondisi sirkuit Gelora Bung Tomo saat ini Jumat 27 Juli 2018 yang dikirim Bambang Haribowo pada Otojurnalisme.com, nampak kaca-kaca bangunan sirkuit pecah dan berserakan. Tidak sampai disitu. Area rumput di beberapa titik di sirkuit juga bekas di bakar. Di atas lintasan atau trek juga bekas tepat bakar-bakar. Pada beberapa bagian pagar lintasan juga sama. Tampak bekas dibakar.

“Kami dari IMI Pengprov Jatim dan pecinta otomotif serta balap motor di Surabaya dan Jatim sangat-sangat menyesalkan perbuatan mereka yang merusak fasilitas sirkuit yang mahal dan belum selesai. Siapapun yang berbuat harus bertanggung jawab mengembalikan sesuai asalnya. Pihak keamanan harus memproses hukum dan Panita harus bertanggung jawab. Karena pada November akan ada event Grand Final Drag Bike dan MotorPrix tingkat nasional. Pesertanya dari seluruh daerah di Indonesia,” kata Bambang Haribowo.

Yap, pada hari Kamis 26/07/2018 diselenggarakan partai klasik antara Persebaya vs Persib, laga panas penuh drama penuh dinamika tersebut berakhir dengan skor 3-4, kemenangan dipetik oleh tim Maung Bandung. Kekalahan inilah yang kemungkinan memicu terjadinya perusakan di sirkuit Bung Tomo.

Kenapa para suporter bisa merusak sirkuit bukannya stadion ?, sirkuit dan stadion Bung Tomo masih dalam satu komplek, dulu pernah ada informasi dari motorplus.gridoto.com edisi 3/01/2018 (klik disini) jika area sirkuit Bung Tomo akan dijadikan tempat parkir para suporter yang datang ke stadion, kemungkinan hal inilah kenapa para suporter bisa merusak area sirkuit.

Sirkuit Bung Tomo berlokasi di area komplek Stadion Gelora Bung Tomo.Sirkuit yang diklaim menghabiskan dana sekitar Rp150 milyar tersebut sudah diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan sekitar 1,2 kilometer. Sirkuit Bung Tomo memiliki lintasan lurus terpanjang sekitar 400meter. Dilengkapi 9 tikungan dengan 6 ke kanan dan 3 ke kiri. Selain untuk ajang balap road race, sirkuit ini juga bisa untuk balap lainnya seperti drag bike maupun drag race (mobil).

Advertisements

14 KOMENTAR

  1. Bonek an71ng… B4ngsa4t… Bubarin aja tuh sepak bola,ngga di mana² hanya bikin rusuh aja,kami pecinta otomotif sangat tidak bisa menerima kelakuan kalian itu,kalian yang nabuh genderang perang,bonek² anjeeeeng….. Mampus aja lu pada nyeeet!!!

  2. Bonek ngajak perang anak racing nih, liat aja lu pada kalau sampai keduluan ke tangkap sama anak racing abis lu pada,ikat kakinya seret pake motor muterin sircuit itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here