ARIPITSTOP.COM – Motor tertukar?, ya benar motor tertukar ketika di parkiran akibat sang pemilik tidak teliti dengan motornya sendiri dan pas kebetulan banget kunci kedua motor memiliki kode pin yang sama sehingga anak kuncinya bisa saling dipakai. Kok bisa ? masih bingung dan kenapa yang sering terjadi pada motor Honda ?.

Peristiwa motor yang tertukar mungkin bisa terjadi pada siapa saja. Jumlah motor yang sangat banyak dengan bentuk yang sama, membuat pemilik bisa kebingungan atau tertukar saat di tempat parkir. Sebagian mempercayai kunci motor berbeda-beda, sebagian lagi, dengan pengalaman, mengungkapkan bahwa hal tersebut mungkin terjadi, bahkan ada pula yang bicara kalau hal tersebut karena motor cacat produksi.

Ada beberapa saran yang bisa dilakukan untuk mencegah kejadian seperti ini. Salah satunya adalah menggunakan kunci tambahan.

Lalu kenapa motor bisa tertukar ?, Produsen motor memproduksi jutaan kunci dengan beragam nomor seri dan sudah mengusahakan bahwa antar satu kunci dengan yang lain tidak akan bertemu. Setiap anak kunci pasti memiliki tipe atau bentuk gerigi yang berbeda dengan ditandai oleh nomor seri atau pin yang berbeda juga di setiap anak kunci, dan informasi yang saya terima bahwa nomor seri ini akan terulang dengan nomor yang sama setiap 10.000 pcs anak kunci.

Artinya, jika anak kunci diproduksi 20.000 unit maka akan ada dua anak kunci yang memiliki nomor seri yang sama dan artinya juga ada dua motor yang memiliki anak kunci yang sama. Jika anak kunci diproduksi sebanyak 50.000 ribu unit maka akan ada 5 motor yang memiliki kunci kontak yang sama, yang artinya kunci kontaknya bisa saling ditukar jika kelima motor itu kebetulan parkir berbarengan.

Namun jangan khawatir, karena setiap vendor/pabrikan motor tidak akan banyak memproduksi anak kunci dengan nomor seri yang sama karena mereka selalu menciptakan desain anak kunci yang akan selalu berbeda. Dan informasi yang saya terima bahwa setiap motor yang memiliki nomor seri yang sama akan dijual di tempat yang berbeda dengan jarak yang jauh, misalnya ada tiga motor A, B, C yang memiliki kunci yang sama maka motor A akan dijual di pulau Sumatera, motor B akan dijual di pulau Jawa dan motor C akan dijual di pulau Kalimantan. Hal itu untuk mencegah motor yang memiliki nomor seri yang sama akan saling bertemu.

Namun yang namanya suatu kejadian itu tidak bisa direncanakan, maka tak jarang kita temui kejadian motor saling tertukar di parkiran. Seperti yang kembali lagi terjadi di daerah Boyolali Jawa Tengah, sebuah motor Honda Beat tertukar di parkiran pasar.

Kenapa yang sering terjadi motor tertukar itu kebanyakan motor Honda ?, ya betul… karena motor Honda menguasai pasar di Indonesia, motor paling laris maka resiko motor tertukar akan lebih besar dibandingkan dengan motor yang kurang laku atau tidak selaris motor Honda. Bisa dilihat dari postingan yang sering diunggah oleh netizen, kebanyakan motor Honda lalu Yamaha meski jarang, selain kedua motor dari pabrikan itu belum pernah mendengarnya.

Advertisements

13 KOMENTAR

  1. Wah baru tahu ada yg beginian… kirain pasti beda semua

    Review Chain Lube Lupromax tingkat kentalnya pas ga meleber kemana-mana
    htts://stradamotoblog.com/review-chain-lube-lupromax/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here