ARIPITSTOP.COM – Salah satu kelebihan fitur yang dimiliki Suzuki GSX-R150 yaitu menggunakan sistem keyless ignition system. Fitur ini diklaim Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai yang pertama di kelas sepeda motor sport 150cc. Sudah tidak lagi memakai anak kunci untuk menghidupkan motor namun memakai remot untuk mengaktifkan kelistrikan yang ada di GSX-R150. Fitur ini sekarang juga sudah terpasang di versi nakednya yaitu GSX-S150.

Motor tidak akan hidup, jadi jangan harap para maling akan dengan mudah menggondol motor. Karena tanpa remot maka knop motor tidak bisa diputar, sehingga akan menyulitkan bagi siapapun untuk membobol motor kecuali motor diangkut ke mobil, itu lain cerita hehehehe…

Sistem keyless mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi maka biker bisa menyalakan mesin. Bila kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor akan langsung mengunci.

Ketika knob diputar ke posisi off dan sistem gagal melakukan identifikasi karena remote rusak atau hilang maka lampu indikator LED berwarna biru akan mulai berkedip maksimum 30 detik. Selama itu knob masih bisa diputar ke posisi on.

Setiap remote memiliki nomor identitas. Saran SIS nomor identitas itu lebih baik dicatat dan rahasiakan lalu disimpan di tempat aman.

Seperti yang terjadi di daerah Papua, dilansir dari zonamotor.net, satu unit motor GSX-R150 menjadi korban pencurian motor, namun karena disinyalir kuat sang maling tidak bisa menghidupkan motor setelah berhasil mendorong motor tanpa diketahui oleh sang pemilik, akhirnya motor ditinggalkan begitu saja di jalanan.

Sontak saja warga yang curiga dengan motor terparkir tak bertuan di pinggir jalan tersebut dan menghebohkan netizen lantaran diposting oleh warga di grup facebook.

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. Bingung nih…. Kalo misalnya lg jalan trus dijambret montorna dalam keadaan mesin hidup. Si maling bawa itu motor, sedangkan remote keyless msh dipegang yg punya. Apakah bisa terjadi????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here