ARIPITSTOP.COM – Keputusan pihak Harley Davidson untuk memindahkan pabriknya keluar negeri memicu ketegangan presiden Amerika Serikat. Akibat kebijakan Uni Eropa maka biaya ekspor motor Harley untuk masuk ke Eropa naik mencapai 31%.

HD merupakan perusaahaan kebanggaan AS yang telah mendunia, dimana sangat  identik dengan motor nasional yang pertama kali diproduksi pertama kali tahun 1903 di Milwaukee, AS.

Namun kini pabrikan tersebut sedang mengalami dilema besar akibat imbas dari regulasi pemerintahan baru Donald Trump. HD berencana memindahkan semua produksi untuk pasar ekspor dipindahkan ke luar negeri.

“Meningkatnya produksi internasional untuk kurangi beban tarif Uni Eropa bukanlah pilihan perusahaan, tetapi mewakili satu-satunya pilihan yang berkelanjutan,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi ke regulator, seperti dikutip dari laman CNN Money, Selasa (26/6/2018).

Uni Eropa mulai memberlakukan tarif senilai USD 3,2 miliar terhadap barang-barang AS termasuk motor, jus jeruk, selai kacang, kapal motor, rokok dan jeans. Langkah tersebut sebagai respons terhadap tarif yang ditetapkan Presiden AS Donald Trump terhadap impor baja dan aluminium dari Eropa.

Merespon kebijakan inilah dan mengantisipasi kerugian yang lebih besar, pihak HD akan memindahkan proses produksi keluar dari Amerika. Namun keputusan tersebut ternyata dikecam oleh Donald Trump, presiden AS ini marah dan pihak mengancam pihak HD.

Hal itu diungkapkannya secara pribadi lewat akun twitternya. “Ketika saya mengundang para pejabat Harley-Davidson ke Gedung Putih, saya mencaci mereka tentang tarif di negara lain seperti India yang terlalu tinggi. Perusahaan kini kembali ke Amerika. Harley harus tahu bahwa mereka tidak akan dapat menjual kembali ke AS tanpa membayar pajak yang lebih besar!” katanya.

“Awal tahun ini Harley mengatakan mereka akan memindahkan sebagian banyak produksinya dari Kansas City ke Thailand. Ini jauh sebelum kebijakan tarif diumumkan. Kini, ada perang tarif dan tentu akan ada hal yang timpang dan tidak adil dalam hal penjualan sehingga kita akan kaji kembali niat ini,” papar Trump lagi.

“Harley-Davidson tidak akan pernah dibuat di negara lain, tidak akan pernah!” Trump juga mengancam akan memberlakukan pajak lebih besar bila Harley membuat pabrik di luar AS.

Advertisements

10 KOMENTAR

  1. Tujuan Trump biar pengangguran berkurang,,,,maksudnya Trump itu anti FREE TRADE,,,,,produksi barang wajib di dlm negeri,,,,,sama kyk di indonesia,,,,motor klo CBU harga nya gila-gilaan,,,,tp klo minimal dirakit di indonesia,,,,pajak nya sedikit,,,,sama juga seperti smartphone yg kena aturan TKDN

  2. niatnya sih bagus banget, bangga dengan produksi dalam negeri dan tidak mau nama HD tercoreng karena build quality pabrik di luar USA.

    Kalau masyarakat Indonesia gimana? kebalikannya, belain penjajah mati2an, dapetnya cuma nasi bungkus. miris

    • Bayangin Indonesia tanpa orang dan perusahaan asing, bisa apa?

      Orang2 kaya lo cuma jago demo doang, ngambek aja yg digedein. Baper tapi o’on

  3. @Profit gemblung, HD mau pindahin pabriknya karena biaya produksi dan ekspor ke Eropa jadi jauh lebih mahal setelah kebijakan Trump yg kasih pajak tinggi untuk barang2 dari Eropa dan Eropa pun merespon dengan membalas kasih pajak tinggi juga untuk Barang dari Amerika.

    Dan sialnya sebagian besar material / bahan untuk produksi HD itu masih impor dari Eropa dan sebagian penjualan HD produksi Amerika itu di Ekspor ke Eropa, PAHAM…?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here