ARIPITSTOP.COM – Salah satu kebiasaan buruk yang susah dihilangkan para biker, yaitu tangan atau kaki tidak bisa lepas dari tuas atau pedal rem. Kalau hanya sekedar standby tanpa ada tekanan sich tidak begitu masalah namun jika tuas rem atau pedal rem terus menerus ditekan, alhasil akan menjadi keburukan buat motor.

Kejadian biker secara tidak sengaja menekan terus menerus tuas agau pedal rem sering terjadi, apesnya adalah yang dilakukan adalah motor yang masih baru atau masih masuk garansi dan kemudian konsumen menganggap kerusakan yang terjadi bukan karena kebiasaan buruknya melainkan karena dianggap cacat produk. Bahkan konsumen tersebut dengan kemarahannya minta ganti unit yang naru karena motor miliknya dianggap cacat produksi. Kenapa saya bisa menulis demikian ? karena saya sering mengalami kejadian seperti itu dan konsumen tetap kekeh nahwa motornya cacat meskipun sudah dibuktikan.

Kebiasaan buruk selalu menekan tuas atau ledal rem akan berefek pada aki cepat soak, aki cepat soak akibat dari tuas atau pedal rem yang tertekan sehingga lampu rem menyala secara terus menerus, otomatis setrum aki akan cepat bwrkurang dan akhirnya menjadi tekor. Karena lampu rem yang sering menyala terus menerus tersebut mengakibatkan lampu sering panas dan akhirnya umur bohlam jadi pendek, itulah kenapa bohlam belakang sering putus.

Dan kerugian lainnya adalah kampas rem cepat habis, bukan itu saja tetapi tromol atau cakram piringan juga cepat ausnya.

Kebiasaan seperti ini juga mengakibatkan rem lebih mudah terjadi blong alias rem blong karena kondisi panas yang terus menerus yang terjadi di tromol atau minyak rem mendidih.

Bisa dilihat contoh kebiasaan buruk biker ini, seperti video yang diunggah oleh akun IG bernama aant_otomotif, dalam video tersebut tampak jelas kaki biker terus menerus menekan pedal rem belakang.

Advertisements

13 KOMENTAR

  1. hahaha… itu ngepbeha… baru bisa bawa Kharisma terus kebeli ANCB/ANCBR laga2 an ngelawan motor 2 tak… biar kata jadul juga RGR mah gak bakal kalah lawan DOHC Kremian begitu

    wkwkwkwk

    • Widiih mak rempong kalo komen pedes euy wkwk
      Apalagi SOHC jadul bin ngebul makin ketinggalan ya mak wkwkwk
      Update berita gosip dulu mak, itung itung nyinyiran siang ini wkwk

      • Wkwkwkwkw… Kata SOHC ngebul di tunggu di IRS…
        wkwkwkwkwk… DOHC Kremian mah cocoknya di zamban bukan dibalapan… wkwkwkwkk…

        awas mledug berjamaah wwkwkwkwk

        • wkwk sori sori aja mak, main ke moto gp aja kan sama sama DOHC, jangan pikirannya mandeg di SOHC mulu dong kebanyakan nyinyir sih jadi rempong wkwkwk

          • Gw ngomongin Dohc lokal… Klo lu ngomongin SOHC ngapain bawa MotoGp? Semua motor di Motogp itu pake DOHC bukan Sohc… Koplak… Koplak…

            Wkwkwkwk

  2. lha kalo motor jalan ngapain nginjek rem, logika nya kan rem kalo di injek ya bukan accu aja yg tekor, kampas bensin accu ban mesin , oh pantes saja motor ahaem jajan melulu accu nya

  3. Yg repot lg kelakuan model gini bikin kagok yg d belakang

    Lampu rem nyala tapi gak tau dia lg ngerem ap nggak
    Akhirnya kejadian rem mendadak
    Parahnya lg bisa terjadi tabrakan beruntun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here