ARIPITSTOP.COM – Yamaha Lexi 125 diposisikan sebagai varian terendah dari Maxi, meskipun ditempatkan di kasta terendah tapi bisa kita lihat ketika dua motor ini dijejerkan ternyata dimensi Lexi 125 tak kalah besarnya dengan Nmax, bahkan sebagian dari spek dimensi justru unggul si Lexi, cekidot…

Untuk urusan mesin memang Lexi itu bisa dibilang hanya beda kapasitas mesin saja dengan Nmax karena basis mesin Lexi 125 mengambil basis mesin Nmax. Bahkan secara fitur juga masih unggul dari Lexi yang sudah punya power charger serta keyless.

Sekarang coba kita bandingkan secara dimensinya, kita lihat dulu spesifikasinya berikut :

Dimensi Lexi 125 Nmax 155
P X L X T 1970 mm x 720 mm x 1135 mm 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm 1.350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 133 mm 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 785 mm 765 mm
Berat Isi 113 kg 127 kg
Kapasitas Tanki Bensin 4,2 L 6,6 L

Bisa kita lihat dengan jelas bahwa Lexi memiliki desain yang lebiih panjang dengan ukuran 1.970 mm lebih panjang dibandingkan Nmax yang hanya 1.955 mm. Namun lebar dimensi Nmax lebih besar dibandingkan Lexi, akan tetap Lexi lebih tinggi dari Nmax… cukup lumayan loch selisihnya… Lexi lebih tinggi 20 mm dari Nmax.

Lexi memang lebih panjang dan tinggi namun ternyata ground clearance lebih rendah dari Nmax, mungkin apakah pengaruh dari sudut trail dan caster dari Lexi serta ukuran ban… karena dari segi ketinggian jok ternyata Lexi ini lebih tinggi 20 mm dari Nmax… widiuw… lebih jinjit dari Nmax euy…

Kalau dilihat langsung sich memang Lexi inilebih tinggi dari Nmax namun sebenarnya desainnya agak kecil dari Nmax meski secara spek lebih lebar Lexi, karena spek diatas ertas dikuur bukan dari bodi saja namun diukur dari ujung sisi part satu ke part yang lain.

Bisa dilihat foto diatas, bagian cover depan Lexi didesain agak mengerucut kedalam sedangkan Nmax lebih ke bodi yang gemuk alias agak melar keluar. Ukuran ban yang berbeda juga sangat berpengaruh disini, Lexi memakai ban diameter 14″ sedangkan Nmax hanya 13″ sehingga memang tampak ban Lexi agak cungkring dibandingkan Nmax bahkan ukurna bannya juga mencolok banget perbedaannya, Lexi yang memakaiukuran ban 14-90/90 untuk depan dan 14-100/90 kelhatan banget jomplangnya dibandingkan Nmax, hehehehe… untuk digambar sayangnya yang Nmax pakai velg aksesoris bukan velg bawaan motor.

Spesifikasi :

Mesin
Tipe Mesin Liquid Cooled 4-stroke, SOHC Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52 x 58.7 mm 155cc
Perbandingan Kompresi 11.2±0.4 58,0 mm x 58.7 mm
Volume Silinder 124.7 cc 10,5 : 1
Daya Maksimum 8.75 kW / 8000 rpm 11.1 kW/8000 rpm
Torsi Maksimum 11.3 Nm / 7000 rpm 14.4 Nm/6000 rpm
Sistem Starter Electric starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Wet Sump Basah
Kapasitas Oli Mesin Total = 1.00 L ; Berkala = 0.90 L Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection FI (Fuel Injection)
Tipe Kopling Dry, Centrifugal Automatic Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt automatic V-belt Automatic
Dimensi
P X L X T 1970 mm x 720 mm x 1135 mm 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1350 mm 1.350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 133 mm 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 785 mm 765 mm
Berat Isi 113 kg 127 kg
Kapasitas Tanki Bensin 4,2 L 6,6 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone Underbone
Suspensi Depan Telescopic Fork Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Unit Swing Unit Swing
Tipe Ban Tubeless Tubeless
Ban Depan 90/90-14M/C 46P 110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang 100/90-14M/C 57P 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan Disc Single Disc Brake (ABS)
Rem Belakang Drum Single Disc Brake (ABS)
Kelistrikan
Sistem Pengapian TCI TCI
Tipe Battery YTZ7V YTZ7V
Tipe Busi CPR8EA-9 / U24EPR-9 NGK / CPR8EA – 9

sumber foto : topanmax

https://www.instagram.com/p/BiZOY5qhjf1/?taken-by=aripitstop_blog

Advertisements

20 KOMENTAR

  1. klo shock yamaha mleyot sih psti dibilangnya cacad… nah klo Honda semua ngepbeha langsung tiarap, kabur dan lari sambil terkentut2… mw bilang itu cacad gak bisa lha wong barang dagangan sendiri kok

    ???????????

  2. Jatuh hati dgn nmax 2018 & lexi, pantesnya lexi buat istri , tapi kenapa yimm maliiah bikin jok lexi lebih tinggi 20 mm dari nmax? #gagalfaham

    • Mungkin. Sekali lagi mungkin,karena saya belum pernah mencoba. Adalah karena jok nmax lebih lebar dibanding lexi. Akibatnya,meskipun lexi lebih tinggi,tapi kaki rider lebih bisa dekat dalam menjejak ke tanah.

  3. mesin lexi pake sohc 4 klep VVA seperti N MAX cuma beda kubikasi kalau pcx dan vario pake mesin sohc 2 klep jadul kaya mesin xeon yg udah suntik mati

  4. Lahh…kn nmax yg difoto dh ganti velg rcb om.Cba compare dng nmax yg standaran jd fair mengenai dimensi overall…

  5. Yg Gagal Faham itu harganya.. Masa Nmax gda fitur dihargain lebih mahal dari Lexi??
    Mau aja dibego-begoin yg beli nmax mah

  6. Sayang sekali,desain headlamp nya terlalu sederhana. Hanya seperti papan tulis ditempelin. Andai saja ada sentuhan2 seni sedikit.

  7. Edward – Mei 6, 2018

    Yg Gagal Faham itu harganya.. Masa Nmax gda fitur dihargain lebih mahal dari Lexi??

    Mau aja dibego-begoin yg beli nmax mah

    Ada harga ada kualitas lkelihatannya banyak fitur tapi shock meletot, jok keras, cat belang , bodi geter , tenaga loyo sohc 2 klep dan kaki ngak bisa selonjoran penuh lirik si picek. jelas mayoritas konsumen ambil N MAX makanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here