ARIPITSTOP.COM – Perseteruan antara Marquez dan Rossi memang semakin memanas, Marquez beranggapan bahwa manuvernya itu biasa dalam balapan sedangkan Rossi tidak mau langsung memaafkan ketika Marquez datang ke paddock.

Persoalan ini langsung menjadi perhatian banyak pihak. Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Vito Ippolito mengaku sangat geram atas kontroversi yang terjadi di MotoGP Argentina antara Marquez dengan Rossi.

Akibat aksinya, Marquez diberi hukuman mundur 30 detik kemudian Maruez mendatangi paddock namun diusir oleh kru Yamaha. Kemudian Rossi curhat ke media dan menuduh Marquez menghancurkan MotoGP.

“Saya membaca kabar soal peristiwa ini di koran dan saya sangat marah. Saya tidak mau peristiwa semacam akhir 2015 (Sepang Clash) terulang lagi, dan semua peristiwa ini tidak baik bagi olahraga kami, juga untuk dua juara dunia seperti Vale dan Marc,” ujar Ippolito seperti yang dilansir GPOne.

Pria asal Argentina ini juga mengaku sepakat dengan opini 15 kali juara dunia, Giacomo Agostini, yang meyakini bahwa Marquez harus mendapat peringatan keras soal ulahnya di lintasan dan menyebut pernyataan Rossi bahwa Marquez berniat sengaja menjatuhkan lawan merupakan tuduhan berlebihan.

“Ago benar. Marc pasti tidak dengan sengaja mengincar kaki lawan. Tapi juga benar bahwa ia berkendara dengan agresif, dan atas alasan ini ia harus dievaluasi. Di sisi lain, Vale telah melebih-lebihkan pernyataannya. Dia itu punya banyak penggemar, dan kata-katanya negatif untuk olahraga ini,” pungkas Ippolito.

Sourch : gpone, bolanet

16 KOMENTAR

  1. Sy rasa mgk lbh tepatnya Marc hrs diberikan hukuman tambahan, bkn sekedar dievaluasi lg. Melakukan 3 pelanggaran (ada yg mengatakan 5) : pd saat start, menyenggol Aleix (lalu memepet Luthi dan Morbidelli), dan menabrak Rossi, bknlah hal lumrah yg dilakukan satu pembalap dlm satu balapan.
    Sy kira Rossi sampai memberikan komentar spt itu krn sdh geram dgn perilaku Marc sepanjang pekan. Dimulai dr Jumat hmpr menabrak Vinales dan Dovi. Lalu Sabtu memepet dia. Selain mmg siapapun msh ingat dgn perilaku Marc thn 2015 yg menunjukkan mentalitasnya spt apa. Dua juara dunia berturut shrsnya sdh membuatnya lbh baik tp ternyt tdk.
    FIM dan pihak terkait hrs segera turun tgn jika tdk mau terjadi hal2 lbh ekstrim lg dlm balapan2 berikutnya. Krn jika satu perilaku buruk terkesan dibiarkan biasanya akan menyulut perilaku yg sama di masa mendatang.

    • Rossi ma lorenso sama2 pembalap banci…main gundu sono kalo ga berani senggol2an… sepang 2015 rossi sengaja melebarkan mark kan menendang mark…mark jatuh apa rossi minta maaf? Skr mark cepat tapi kelewatan sampai nabrak rossi…dia salah dia 2x minta maaf di race dan di garasi yamaha tapi di usir? Yg ga bagus buat olah raga moto gp ya rossi yg lebai dan sok jagoannya yamaha itu…inget yamaha itu cuma pabrik kecil di jepang. Ga ada apa apa nya sama honda..mereka cuma pinter buat alat music karena buat motor kalah terus dgn honda…liat honda punya robot, pesawat, mobil, motor dll..yamaha punya apa sombong sekali nolak permintaan maaf? Sungguh sangat tidak sportif..tidak baik bagi olahraga ini..menurut saya keluarkan saya pak tua rossi itu dgn team yamahanya. Toh yamaha cuma ada di moto gp…di moto 2 moto 3 ga ada..honda yg ada di semua kelas. Masih banyak pabrikan selain yamaha…

      • Rossi jg pernah di honda… Ga ada hub sm pabrikan keles … Honda mmg superior cuy… Kalo MM sudah cepat dan bisa ngejar napa nabrakin tu orang …. Frustasi kena penalty saat start… Itu artinya MM gak sabaran, sok sokan… Mirip klo elu sok sok an dijalan, ngangap orang lain lemot terus main pepet potong slap slip…. Rossi pake yamaha yg kalah cepat saat race sm gibenau maupun stoner… Tapi dia pake cara cara yg unik, one to one…. rossi start buncit pun dia bisa juara… Gak ada tuh yg dia tabrak tabrakin…. Kasus malaysia itupun markuwes bisa langsung tancap gas ningalin rossi… Tapi markewes milih ganguin rossi…. Ya sudah kesal diajak melebar … Mirip elu jg klo kesel ma orang dijalan … Jadinya gotok gontokan… Minggir ngajakin berantem… Tapi markewes licik… Menurut saya… Yg sekarnag ini pun dia memang tricky… Sayang… Senyum polosnya tak sepolos kelicikanya

    • Hai men.. Sejak kapan rossi dan fans nya jd cengeng dan ngaduan? Ga malu sama jolor yah? Dulu jolor kalian bully karena ngadu ke dorna,skrg idola lu kok ikutan jd tukang ngadu? Udah ga sanggup ngandepin Markes di trek?

    • @mvp
      Woyy brott mulutnya vale tu yang harus dikasih peringatan, statement nya alay banget, kaya dia gak pernah agresif ato nubruk rider laen aja..
      masalahnya gak cuma marc yang kena semprot, sapapun yang senggol vale pasti dapet sumpah serapah

  2. Justru rossi lah yang sedang menghancurkan motogp dengan statmen²nya itu,semakin dia banyak ngoceh semakin jelas arah nya kemana, rossi sedang panik,panik kalau2 rekor jurdun nya kerebut sama markes, rossi paham untuk menjegal supaya itu tidak terjadi itu bukan perkara mudah,melawan markes di trek itu bukan cara terbaik sebab kemampuan rossi sudah jauh menurun,satu²nya cara dengan mempermainkan paikologis markes, dengan tuduh²an itu rossi berharap mental markes akan jatuh,kalau udah jatuh jelas itu akan jd balapan sulit buat markes, tp mnrr saya tidak semudah itu menjatuhkan mental markes,sebab dia satu2nya pembalap yang mempunyai mental paling kuat..
    Saya malah khawatir gara² kejadian ini HRC akan nekat membuka data telemetri sepang 2015 yang oleh dorna tidak boleh di umbar saat itu,kalau sampai itu di lakukan oleh HRC makan akan kelar karir rossi di motogp.

    • hai bung, masih yakin dengan data telemetri yg ga diungkap itu? apa bisa membuktikan kalau rossi sengaja menendang marq? liat tayangan ulangnya yg betul dr semua view perlambat 100x kalo perlu. tidak ada gerakan kaki sengaja dr rossi. gerakan kaki itu hanya reaksi karna ada helm marq yg membentur kaki rossi.

      kalo seumpama dikatakan rossi menendang marq, di motor motogp itu terpasang handle bar protektor, dan posisi motor marq saat itu sudah miring ke kanan. kalo pun ada gerakan menginjat dr rossi, maka tidak akan menekan handle rem kedalam, tapi ke bawah. dan itu tdk akan mengunci rem. kalo dibilang tendangannya menjatuhkan marq, lihat lagi kaki rossi bergerak setelah helm marq nempel dikaki rossi, itu jelas marq jatuh rebah ke arah rossi sebelum ada gerakan kaki rossi.

      dorna hanya tidak ingin sepang clash berlarut. jadi semua diminta diam dan stop. itu saja

      • Gue no komen sepang clash yaa, tapi overall sejauh ini vale makin liar berstatement..
        Makin kesini vale tidak bijak aja..
        Gak cuma marc, tiap ada rider senggol vale pasti semua kena sumpah serapah dan semua memicu ketegangan, kalo vale yang berbuat vale selalu bilang this is a race apapun bisa terjadi..
        Underatand??

  3. yah mau gimana lagi, M1 tim factory emang masih strugel di bbrp track, sepertinya gegara mereka punya boss baru dadakan, Uccio – pacar laki2nya Vale…

  4. Yg clash siapa
    Yg ribut siapa

    Padahal keduanya sama-sama salah
    Dan parahnya lg bisa menghancurkan motogp

    Eling mas bro semua
    Kebenaran bukan kita yang menentukan
    Serahkan pada pihak dibidangnya

  5. Yang ngelarang MM minta maaf ke Rossi bukan Yamaha ommm…sok tau amat sih Ente…??? Yang ngelarang orang deket nya Rossi…malah crew pitnya Yamaha bantu ngangkatin Qeue Line pas MM ma orang Honda dateng biar bisa masuk…Ente emang kompor Ommm…kompor minyak tanah yang item2 gitu…!!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini