image description

ARIPITSTOP.COM – Begini jadinya jika belum terbiasa dengan hal yang baru, meskipun sebenarnya sudah sering naik motor Honda namun karena jarang untuk riding harian akhirnya ketika menemukan hal yang baru maka kita harus membiasakan dengan hal yang baru tersebut karena otak kita sudah diseting dengan kebiasaan lama.

Dan inilah yang terjadi pada saya setiap ketemu motor Honda, apalagi hari ini sudah bisa riding bareng PCX lokal, jalan pagi ini dari Jonggol-Bogor tujuan Pulogadung-Jakarta Timur, lumayan sekali jalan jaraknya 50km. Apa yang didapatkan ketika bisa riding harian bersama motor Honda yang sudah terbiasa dengan motor Yamaha dan Suzuki ???, gugup dengan posisi tombol klakson dan lampu sein.

Ketika akan pencet tombol klakson justru kepencet tombol lampu sen, jiaaaangkrik tenan… ????? wkwkwkwkwk… Otak ini sudah terdoktrin dengan posisi tombol klakson berada di bawah tombol lampu sein karena posisi tombol klakson motor Honda berada di tengah saklar kiri atau diatas tombol lampu sein. Hal ini berkebalikan dengan motor Yamaha dan Suzuki, jadi harus membiasakan diri dengan posisi tombol klakson yang berbeda.

Ada yang pernah ngalamin seperti saya ??

Ada yang tahu kenapa AHM bikin posisi tombol klakson dan lampu sen yang beda dengan motor kompetitor?

Advertisements

25 KOMENTAR

  1. saya pernah baca kalau tidak salah berkaitan dengan edukasi Honda dalam hal etika berlalu lintas, peletakan tombol di bawah sangat memudahkan orang memencet klakson, akibatnya terkadang orang yang etika nya kurang sering memencet klakson sembarangan CMIIW

  2. Mungkin karena faktor ergonomi om,
    Yg ane rasain sih lebih nyaman kalau posisi tombol sein di bawah karena jempol tidak terlalu menekuk, tapi kalau bicara soal kebiasaan memang butuh adaptasi, pakai banget malah..

    • Kalau ga salah ini udah menganut paham di eropa, konon posisi ini diyakini lbh responsif dan Reaktif..

      Masalahnya, Iya kalau motor kita Honda semua (bapak Ibu adek, istri dlsb) saat pinjem gak kagok kalau udah biasa… Lah kalau Ada bbrp produk? Dari tombol Honda ke Yamaha/ Suzuki.. Blepetan, mau teken Sein malah klakson.. Dipelototin orang dah seakan ngomong.. Eh salah gw ape nyong..

  3. Wah pispot beli pcx euy…!
    Btw kalau posisi sih sbnrnya gak terlalu masalah, cuma bentuk klakson yg gede/nongolnya di sisi bagian dalem yg nyebelin, ga bikin lbh Reaktif soalnya jempol jadi kudu meraih lebih jauh.. Di skutik sih mgkin ga terlalu masalah.. Di cbr250rr tuh ribet.. Hadueh..

    http://kobayogas.com/2018/03/27/review-knalpot-wrx-gp6-r1-carbon-di-cbr250rr-suara-bajingan-tarikannya-biadab-video/

    http://kobayogas.com/2018/03/26/galeri-foto-yamaha-t-max-dx-seharga-299-9-juta/

  4. Iya…posisi yang aneh…saya udah bertahun-tahun pakai spacy tetep aja masih sering keliru..klo menurut saya yang pas tempatnya emang punya Yamaha ama Suzuki…lebih gampang…

  5. Setuju om…
    Kirain ane aja
    Bahkan sampek detik ini , kl ane naik vario suka bingung kl pencet klakson n sein … Ane suka ketawa sendiri, pdhl ini hal sepele… Disaat riding ad yg harus cepet d klakson akhry gagal, karena salah pencet… Maklum aj om, ane dr pertama bl motor yamaha, sampek 4 motor ane skrg yamaha semua … Jd bener2 suka bingung.. Bl vario jg karena wkt dl mau ambil aerox 155 blm keluar2… Kl g gini g bisa ngrasain bingungy naik honda hhhh

  6. Saya sangat sering. Dan sangat susah utk terbiasa. Mengapa? Karena motor saya yg satu honda,yang dua yamaha. Dan hal tsb juga akan terjadi saat naik yamaha.

  7. Klakson kepakai cuma buat nyapa orang doang ane mah, terlalu hati2 kali ane ya lebih ngandelin fokus ke rem daripada fokus ke minta pengertian orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here