image description

ARIPITSTOP.COM – Berangkat sholat jumat naik motor tapi tidak pakai helm hanya memakai kopiah dan akhirnya terkena tilang Polisi karena melewati jalan raya. Sontak saja kejadian ini langsung menjadi perhatian para netizen setelah kejadian ini dishare oleh akun bernama Ahmad Masruri di grup facebook bernama Info Cegatan Wilayah Ponorogo (ICWP) Tanpa Sensor.

Dalam postingan tersebut mengatakan sebagai berikut :

“Meskipun kita mau jumatan ke masjid harus taat aturan luurrr…….ben podo selamet lokasi lore terminal lama”

Lalu bagaimana hukumnya ? jika merunut pada peraturan jelas2 memang salah karena setiap pengendara motor di jalan raya wajib memakai helm. Saya kutip dari hukumonline, dijelaskan dengan jelas peraturan tentang penggunaan helm.

Kewajiban menggunakan helm standar nasional Indonesia bagi pengendara sepeda motor diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan(“UU No. 22/2009”) yang berbunyi :

  1. Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.
  2. Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.

Selain itu, Pasal 106 ayat (8) UU No. 22/2009 mengatur bahwa:

  • Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.”

Jadi, berdasarkan ketentuan di atas pengendara motor baik pengemudi maupun penumpangdiwajibkan menggunakan helm dengan standar nasional Indonesia. Apabila melanggar, ancaman atas pelanggaran tersebut diatur dalam Pasal 291 UU No. 22/2009 yang berbunyi :

  1. Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Yap, itu peraturan jelasnya, sudah ada dasar hukumnya, namun bagaimana jika dilihat dari konteks yang berbeda yaitu toleransi. Para netizen rata2 tidak menerima adanya penilangan ini karena pada saat berangkat ke Masjid untuk sholat jumat itu rata2 memang tidak pakai helm dan jalannya juga tidak akan jauh dari rumah meskipun itu tetap melewati jalan raya.

Beberapa pendapat dari netizen di komentar status tersebut :

  • Boyman Mendem Banyu Londo Numpak montor ki gae helm umum e ora gae songkok
  • Priyadi Nek polisine.. Wong islam pastinya tau ini tadi hari apa dan orang islam kewajipannya apa … Toh ngak setiap hari dan ngak jauh dari lokasi rumah… Apakah oknum polisinya itu penganut israil… Kalau di lihat dari prilakunya di hari jum at
  • Trisno Motor Bagiku kurang tepat cegatan menjelang sholat jum at kurang tepat lebih baik buat ibadah mawon. Pak pol
  • Mas Rei Ayahe Arey Mung bagi pengalaman ae loor.Ndisek pas nateh urep nang bali asal gawe pakaian adat bali, pakaian sembahyang umat hindu, maupun pakaian sholat umat islam iku aparat negara gak mempersalahkan loor. Nek nang jowo gak ngerti loor adate pie.Ojo mbok bully, aq wonge gampang luwe
  • Priyadi Kapolresnya gi mana ini tindakannya… Melihat oknumnya berkeliaran 2 ekor di hari jum at cari makanan… Kya preman…
  • Ahmad Masruri UU harus di tegakan lur…..
  • AN Dia Ahmad Masruri di tegakkan boleh tpi ada garis bawahnya orang jumatan pake kopyah masa ya ikut di tilang tidak ada toleransi .,. Seng jumatan y gk mungkin wong adoh lekk
  • IChall Chusayni UU harus d tegakkan? Apakah UU masih tegak?
    Operasi kendaraan bermotor tanpa plang penanda razia?
  • Pandu Bagas Wiranata lak masjid e cedek ko omah ya mlaku wae….lak numpak montor neng jalan aspal ya kudu gawe helm….soale lak polo ne moncrot neng ratan seng repot polisine seng njupuki masane….wong neng grub iki paling ya gur mampir moto tok
  • Priyadi Iku nek fikirane wong israil bro.. Kudu manut uu.. Ora mikir etika. Seharuse nek podo muslime harus tau… Etika… Ini tadi hari apa…???

7 KOMENTAR

  1. Iya juga sih kalo deket dari rumah mendingan jalan kaki aja, tp sebaiknya polisinya juga bisa memberikan toleransi berupa peringatan doang ga usah ditilang.

  2. Pertama
    Pengendara motor sudah pasti salah apapun alasannya

    Kedua
    Itu petugas ap iya gak sholat, ko lebih memilih menegakan hukuh dunia dari pada hukum akhirat

    Semoga menjadi lebih baik
    AaAami

  3. Pengendara motr salah ga pake helm. Polisi.y kok berheti setelah tikungan dan cenderung berada d posisi blindspot klo dri arah kiri.. plank razia ga nampak, jumlah personel mencurigakan, untuk waktu saya kurang berani komen soal.y sapa tau pak pol.y bukan muslim.. klo iya itu motor d kejar knpa posisi motor d depan mobil.. jgaga hanya 1 motor yg kena tilang..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini