image description

ARIPITSTOP.COM – Pernahkah ban luar di motor kita mengalami kebenjolan atau hamil ?, yap… jika ban motor sudah hamil maka biasanya motor tidak akan stabil. Kondisi seperti ini tampaknya sepele namun justru mengancam nyawa kita jika ban benjol tetap kita biarkan.

Faktor terjadinya ban motor bisa benjol atau hamil biasanya adalah pengisian angin pada ban dengan tekanan yang berlebihan atau bahkan tekanan angin yang kurang alias ban kempes, terlalu sering mengisi angin dengan tekanan diatas angka normal akan mendorong komponen di dalam ban yang berupa kawat2, serta benang yang berada di dalam ban atau yang disebut poliester menjadi putus hingga akhirnya terjadi benjolan pada ban.

Bukan hanya itu saja, bahan atau kompon dari ban tersebut juga sangat berpengaruh, dan selain itu ban bisa hamil karena dinding ban kebentur, bisa masuk lobang, bisa kena separator jalan dan akibat benturan lainnya.

Jika ban sudah benjol maka mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang baru, jika tetap dipaksakan akan beresiko tinggi karena berhubungan dengan safety. Jika hanya untuk sementara saja, ban benjol biasanya akan menjadi kempes lagi jika kita tusuk benjolan tersebut, asalkan posisi menusuknya tepat maka ban akan tampak kembali normal, namun kedepannya tetap harus diganti baru.

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. itu kalo ngga salah.. kawat di bagian dalem karet bannya putus.. kl ngga salah… kebanyakan kejadian di tipe ban tube..

    itu ngga bisa di repair.. musti beli baru lg.. jd kl bisa.. kl beli ban sekalian yg merk kelas medium.. sekelas michelin sm aspira ato fdr.. alhamdulillah pake ban tubeless 2 taun pakai dalem kota.. belum tipis batikanya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here