image description

ARIPITSTOP.COM – Jonas Folger pembalap debutan dari Yamaha Tech3 akhirnya menyatakan absen dari MotoGP musim 2018 dikarenakan kondisi fisik yang belum fit 100%. November lalu, Tech 3 merilis pernyataan perihal sakit yang diderita Folger, bahwa ia rupanya didiagnosis Sindrom Gilbert atau penyakit gangguan hati ringan. Dan penyakit ini telah mengganggu kondisinya selama beberapa tahun, tapi belum pernah didiagnosis dengan baik.
instagram-aripitstop

Akibat penyakit yang dialaminya itu, tahun lalu Folger membatalkan balapannya di Suzuka 8H, serta 4 balapan terakhir MotoGP dan digantikan Kohta Nozane, Broc Parkes dan Michael Van Der mark. Musim 2017 lalu penampilan Folger sangat memukai bagi seorang pembalap debutan, bahkan ketika di GP Sachsenring 2017 hanya dia yang mampu meladeni Marquez bahkan sempat leading beberapa lap di depan duo Repsol Honda. Start dari grid kelima dan menjalani start yang bagus langsung menempati posisi keempat di belakang Lorenzo. Setelah berhasil menyalip Lorenzo tak butuh waktu lama tak butuh 7 lap sudah bisa leading di depan duo Repsol Honda. Meski Folger akhirnya harus menyerah dari Marquez di pertengahan lap namun dirinya terus menempel hingga last lap.

Sang bos Tech3 pun harus berfikir keras untuk mencari pembalap pengganti atas absennya Folger untuk musim 2018. Semua pembalap cepat sudah tanda tangan kontrak dengan semua team.

“Tadi malam (Selasa), saya menerima telepon dari Bob Moore, manajer pribadi Jonas Folger. Saya tidak percaya apa yang dikatakan Bob kepada saya, bahwa Jonas Folger telah memutuskan untuk tidak balapan MotoGP 2018, karena tidak merasa 100% sembuh secara mental dan fisik,” ungkap Poncharal.

“Masih sulit bagi saya untuk percaya, bahwa dia tidak akan balapan dengan kami pada 2018, terutama karena dia adalah seseorang yang sangat saya percaya dan yakin akan mencapai tingkat teratas bersama tahun ini. Saya benar-benar menghormati keputusannya, meski sulit diterima. Namun, saya akan mencoba mencari solusi pembalap pengganti, yang merupakan misi sangat sulit, karena semua pembalap cepat sudah dikontrak. Tapi seperti biasa di balap kita harus proaktif, inventif dan mudah-mudahan kami bisa membuat seseorang sangat bahagia. Kami akan terus memberitahu Anda tentang situasi berikutnya.” pungkas sang bos Tech3.

Folger melakoni debut di kelas premier pada 2017. Dari 14 kali penampilannya sepanjang musim lalu, ia berhasil merebut podium kedua di Sachsenring, usai memberikan perlawanan ketat kepada juara dunia Marc Marquez.

sumber : motogp.com

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here