image description

ARIPITSTOP.COM – Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata klonengan ?, sekilas terbersit dalam pikiran kita adalah produk Cina karena memang disana sudah terbiasa dengan hal2 berbau kemiripan dengan produk lain yang branded. Namun kali ini beda, berasal dari negara prancis, yap… disana beredar dua motor matic yang desainnya sama persis tidak perbedaan dengan Yamaha Nmax.
instagram-aripitstop

Yamaha menjual matic bongsornya di Prancis dengan nama Nmax 125, spesifikasi seperti Nmax 125 yang dijual di negara Eropa lainnya dan secara desain tidak ada perbedaa sama sekali. Namun di Prancis juga ada produk bernama Ocito dari pabrikan MBK, motor ini benar2 mirip Yamaha Nmax 125 bahkan spesifikasi mesin juga sama dan harga yang ditawarkan juga ternyata sama persis seperti punya Nmax 125 sebesar € 3,199.00.

Lihat kedua motor ketika dijejerkan :

Bisa dilihat foto diatas bahwa kedua motor tidak ada perbedaannya sama sekali hanya perbedaan emblem saja antara Ocito dengan Nmax.

Santai dulu… ini bukan plagiarisme secara ilegal namun ini plagiat secara legal, kok bisa ?, yap… MBK adalah sebuah anak perusahaan dari Yamaha Motor Company. Pabrik MBK ini hanya memasarkan produknya di Prancis saja.

MBK adalah sebuah perusahaan motor yang bediri sejak tahun 1923, awalnya perusahaan ini bernama Motobécane. Selanjutnya dalam perjalanannya Motobécane melakukan spesialisasi produk di Scooter dan akhirnya Tahun 1984 MBK mengambil alih operasi usaha / produksi dari Motobécane dengan partner Yamaha Motor Corporation. Hingga akhirnya pada tahun 1989 Yamaha membeli saham MBK sebesar 265 Juta Franc untuk menguasai 99% dari MBK, dan mulai pada saat itulah MBK memproduksi motor scooter yang diproduksi oleh Yamaha dengan bentuk bahkan spesifikasi 100% sama dengan produkYamaha dan hanya dipasarkan di Prancis saja.

Menariknya, antara MBK Ocito dan Yamaha Nmax sendiri berjalanan beriringan di Prancis. Yamaha tetap jualan Nmax 125, sedangkan MBK tetap dengan Ocito 125. Hal tersebut bisa dibuktikan dari website resmi dari masing-masing merek yang bisa diakses.

Berikut galerinya :

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini