image description

ARIPITSTOP.COM – Sebanyak 40 rombongan menggeber Honda CRF150L berhasil melibas jalan yang memiliki berbagai kontur, dari jalanan aspal hingga tanah berlumpur menjadi menu dalam acara fun off road yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor pada hari Rabu 15 November 2017 di kawasan bukit Bintang kawasan Bukit Pakar Utara dan Taman Hutan Raya Juanda Kabupaten Bandung Barat.
instagram-aripitstop

Para blogger, vlogger dan jurnalis serta beberapa komunitas terabas bahkan tim BOD dari Honda berhasil menempuh perjalanan sepanjang 36 km dengan melewati kawasan hutan jalanan tanah gembur berlumpur sekitar 5km. Tak ada yang tidak jatuh atau ambruk pada saat melewati jalanan tersebut, bahkan ada satu vlogger yang jatuh di jalanan aspal rusak, meskipun motor dibuat jatuh bangun oleh para peserta namun faktanya tidak ada motor yang bermasalah dengan mesin atau bahkan bodi motor juga tidak ada yang pecah atau patah. Total 40 motor berhasil melewati uji nyali lulus sensor sebagai motor off road.

Disini Honda telah buktikan kalau mesin injeksi aman buat motor terabas, justru dengan motor injeksi para biker lebih nyaman disaat motor terjatuh karena tidak ada bensin tumpah dari sistem injeksi sehingga motor langsung dengan mudah dinyalakan kembali, berbeda dengan motor karburator yang rentan banjir di area karburatornya akibat motor terjatuh dan alhasil terkadang motor susah hidup harus bongkar karburator untuk menormalkan kembali sistem pengabutan bahan bakar.

Motor digeber dengan tekanan tinggi, gas tanpa putus bahkan gas lebih sering dikocok untuk menjaga torsi motor saat bermain di lumpur dan tanah gembur saat tanjakan. Motorpun tidak mengalami masalah di bagian kopling.

”Kami tidak main2 dengan kualitas mesin CRF150L, motor ini berbeda perlakuannya dengan motor jalanan. Motor lebih sering digeber dengan rpm tinggi sehingga butuh daya tahan yang lebih kuat. Mesin CRF150L ini benar2 baru, meskipun tampilan luar mirip dengan Verza, apalagi semenjak dipamerkannya versi konsep di GIIAS banyak yang berspekulasi bahwa motor ini memakai mesin Verza.” ujar Senior Analyst New Model Service & Publication PT. Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhi di Bandung saat Fun Touring Off Road Honda CRF 2017.

Pak Edhi lebih lanjut menjelaskan bahwa jeroan pada motor CRF150L itu berbeda dengan Verza, bahkan crankshaft juga berbeda tidak bisa saling disubtitusikan antara Verza dengan CRF150L. Kontur chamshaft, durasi berbeda dengan Verza, piston juga berbeda, karena motor sering stop and go maka piston dibuat dengan sistem coating di bagian atas agar memiliki daya tahan yang kuat. Transmisi sama, kopling sama, cylinder head beda, dan final ratio juga beda, CRF 49 gear belakang dan 15 di depan, Verza 14-42.

Yap, itu baru beberapa perbedaan antara mesin CRF150L dengan Verza, pak edhi menjanjikan kepada kita untuk membedah mesin motor ON OFF ini agar lebih tahu mendalam dan membuktikan kalau mesin CRF150L itu berbeda dengan Verza.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn extra bucks every month because you’ve got
    hi quality content. If you want to know how to make extra bucks,
    search for: Boorfe’s tips best adsense alternative

  2. Move on donk…teknologi semakin maju. Yang keukeuh ama karbu berarti maenannya gak pernah naek SE 4 tak yang notabene injeksi. Mudah2an kualitas injeksi honda crf 150 entry level ini mumpuni, biar waktu yang membuktikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here