ARIPITSTOP.COM – Kembali membahas soal perawatan untuk motor matic yang membutuhkan perhatian khusus, sebenarnya sich tidak perlu perhatian khusus asalkan kita tahu riwayat service motor kita dan pihak bengkel langganan juga mengetahui riwayat motor kita agar motor selalu terjaga dalam kondisi baik.
instagram-aripitstop

Perawatan bagian CVT di motor matic disarankan setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km, karena pemakaian setiap konsumen berbeda-beda dan tingkat keausan part di dalam CVT sangat dipengaruhi oleh cara pemakaian pemilik motor. Roller dan V-Belt akan cepat aus jika pemakaian motor secara kasar, motor sering dibetot dan suka speeding atau suka nahan gas ditambah lagi sambil mengerem. Untuk bagian pully seharusnya jarang diganti bahkan bisa awet hingga 50.000 km lebih dengan catatan perawatan motor rutin.

Di dalam pully ada pelumas yaitu grease / gemuk khusus memiliki tingkat daya tahan panas yang tinggi, grease ini harus diiganti secara berkala. Jika tidak diganti secara berkala (6 bulan/10.000km) maka daya kerjanya sudah tidak maksimal. Kondisi seal yang berfungsi mencegah grease keluar dari pully juga harus diganti secara berkala, jika grease di dalam pully habis maka pully dipastikan akan rontok.

Seperti pada motor yang satu ini, pully belakangnya bisa rontok karena seal bocor sehingga grease keluar sampai habis. Ngeri lihat penampakan pullynya bisa sampai rontok patah, hal ini tidak akan terjadi jika melakukan perawatan CVT secara rutin. Jika bagian CVT terdengar suara berisik maka ada indikasi kerusakan pada pully, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa agar kerusakan tidak lebih parah.

Perawatan secara rutin maksimal rata2 membutuhkan biaya 100ribu namun kalau sampai rontok parah bisa habis hingga satu jutaan…!.

Lihat ini dibandingkan dengan yang baru :

Kondisi rusak :

Kondisi baru/normal :

7 KOMENTAR

  1. kata siapa loe? emang loe gak baca testimonial para FBH di blog2 motor nya bertaon2 gak diapa2in fine2 aja, matic nya ngehajar lobang sedalam 30cm jg fine2 aja? bensin irit power setara NVL?

    hadeehhhh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini