Motor yang sudah lama pemakaiannya atau setiap hari sering dipaksa riding jauh untuk aktifitas sehari2, maka tingkat keausan kampas rem akan semakin cepat. Kampas rem salah satu piranti wajib dalam keselamatan berkendara, selalu cek kondisi rem jika terasa ada yang aneh dan pastinya selalu cek dengan rutin agar tidak terjadi masalah ketika kita sedang riding.
instagram-aripitstop

Jika sepatu kampas rem sudah menunjukkan habis atau minimal ketebalan 2mm maka kampas rem sudah waktunya ancang2 untuk diganti. Pastikan kita mengganti kampas rem dengan kualitas yang bagus agar sistem pengeraman bekerja dengan baik.

Lalu pernahkan kita mengalami ketika mengganti kampas rem yang baru namun rem malah jadi blong atau ngelos atau menekan tuas rem harus terlalu dalam agar motor bisa berhenti ?, padahal kampas rem baru ganti… Jangan panik, hal ini sering terjadi terutama buat motor yang sudah berumur lama, jarang motor berumur 1 tahun mengalami kejadian seperti ini kecuali motor sering dalam keadaan kotor.

Apa masalahnya ?, cek kodisi sliding calipernya biasanya terjadi karat atau banyak kotoran sehingga caliper tidak bisa bergerak dengan bebas. Caliper harus bergerak dengan bebas agar bisa menekan sepatu kampas rem dengan sempurn. Jika caliper tertahan akibat sliding calipernya yang macet maka akan terjadi ngelos dan jika dipaksakan jalan terus maka biasanya kampas rem akan termakan sebelah saja dan pastinya rem tidak pakem.

Untuk mengetahui caliper bisa bergerak bebas atau tidak dengan cara menggoyangkan caliper ke sisi kanan atau kiri, jika caliper tidak bergerak dari sliding caliper maka dipastikan caliper tidak bekerja dengan baik. Bersihkkan sliding caliper agar sistem pengereman kembali bekerja dengan normal.

Lepas sliding caliper (braket caliper) dari caliper, jika sudah terjadi karat parah biasanya akan agak susah melepas braket caliper ini, semprot dahulu dengan WD40 atau rendam dalam bensin agar karat bisa rontok. Kemudian sliding caliper dibersihkan, jika terjadi karat maka bersihkan pakai amplas dan bensin. Jika sudah bersih kemudian sliding kaliper jangan lupa dikasih pelumas gemuk.

Pastikan karet sliding caliper masih dalam kondisi bagus, karena karet ini berfungsi melindungi sliding caliper dari kotoran. Jika sudah bersih dan dikasih gemuk, pasang kembali slidining caliper di caliper kemudian pasang kampas rem dan semua pirantinya.

Selamat mencoba…

Advertisements

12 KOMENTAR

  1. Mas ari kalo cakram belakang R15 saya kadang wkt ngerem roda jadi seret krn rem nya gak balik, harus diinjak lagi pedal rem nya 4-5 kalo baru bisa normal lagi..

    Tapi kejadiannya gak setiap saat, kadang rem nya lancar kadang kejadian kejepit..

    Itu masalahnya di kaliper atau master rem ya mas?

    • biasanya karena kondisi seal master rem mulai mengeras, bisa dengan dibongkar lalu bersihkan dan kasih sedikit pelumas oli sebelum dipasang kembali.
      bisa juga kondisi piston caliper kotor.

  2. Kang knp abis gnti yg ori yamaha berdecit terus kang. Udh bolak balik beres di bersihkan tetep ga ilang. Akhirnya ganti yg non ori g bunyi. Trus knp ori yamaha ada 2 harga. Ad yg 50an ada yg 70an bedanya apa ya kang?

    • besok saya buatkan artikelnya, untu harga memang beda, beda kode beda harga meskipun keduanya bisa saling subtitusi. contohnya kampas rem vixion lebih murah darivega zr padahal keduanya bisa saling subtitusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here