image description

Sebelumnya Suzuki Indonesia sudah mengumumkan bahwa harga promosi atau harga perkenalan dari duo GSX-150 berakhir pada 30 September 2017. Harga normal Suzuki GSX-R150 dijual dengan harga 29,9Juta rupiah  dan Suzuki GSX-S150 berharga 25,4 Juta rupiah sedangkan harga perkenalan yang selama ini diterapkan adalah Suzuki GSX-R150 dijual dengan harga 27,9Juta rupiah  dan Suzuki GSX-S150 berharga 23,9 Juta rupiah.
instagram-aripitstop

Satu bulan yang lalu sudah saya singgung perihal system kenaikan harga duo GSX dari promosi ke harga normal memakai system bertahap tidak langsung naik ke harga normal. Belum diketahui bagaimana systemnya apakah naik dari angka 500ribu atau mulai satu jutaan namun informasi yang saya terima tidak akan langsung menyentuh harga normal.

Apa yang dilakukan oleh Suzuki tak lebih karena memakai strategi marketing “Brand Discount”. Waduh, cemilan apa lagi itu…. baru denger tuch… Berawal kemarin pagi ketika saya bersama mas Taufik pemilik tmcblog.com pagi2 setelah subuh melakukan perjalanan dari hotel di daerah Balangan menuju ke bandara Ngurah Rai untuk duluan kembali ke Jakarta meninggalkan rekan blogger lainnya yang masih menikmati fun touring di hari ketiga bersama Suzuki.

Pejalanan selama 30 menit di dalam mobil APV kita sambil ngobrol ngalor ngidul salah satunya ngobrolin soal produk Suzuki, kebetulan di dalam mobil juga ada internal PT SIS yaitu pak Aris selaku Asisten Section Head market relation 2W PT SIS. Beliau menyebutkan bahwa saat ini Suzuki kalah dalam hal image, kalau soal produk diyakini kualitasnya bisa dibilang sudah bagus bahkan berani diadu dengan kompetitor, hanya permasalahan brand image saja yang menjadi kendala Suzuki untuk bangkit dan tentunya dulu Suzuki sempat terlambat dalam berinovasi menjadikan Suzuki tersingkir. Sekitar tahun 2004-2005 silam penjualan Suzuki sejajar bahkan diatas Honda, sebuah prestasi yang luar biasa saat itu, sayang karena terlambat berinovasi maka brand Suzuki perlahan ditinggalkan.

Oleh karena itu, untuk memasarkan duo GSX, Suzuki perlu menerapkan strategi Brand Discount. Stretegi marketing dari Suzuki untuk bisa head to head dengan kompetitor, Suzuki belum bisa mengandalkan secara produk namun perlu menerapkan strategi harga sebagai diskon dari image Suzuki yang belum bisa sejajar lagi dengan kompetitor.

Advertisements

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here