image description

Saat ini pihak kepolisian serentak seluruh indonesia sedang menjalankan operasi patuh jaya dari tanggal 9-22 Mei 2017, sasarannya seperti biasa kelengkapan surat2, kelengkapan motor serta perilaku berkendara. Banyak banget pelanggaran yang terjadi bahkan satlantas polres karawang menemukan motor yang memakai sirine, strobo dan lampu tembak.

instagram-aripitstop

Video via hp klik disini

Sekarang jika kita kaitkan dengan aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia, penggunaan lampu silau ini  bertentangan dengan apa yang sudah diatur dalam UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Dalam pasal 48 ayat 1 dijelaskan bahwa setiap kendaraan bemotor yang dioperasikan di  jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

Dijelaskan lebih lanjut pada pasal 48 ayat 3 bahwa persyaratan laik jalan ditentukan oleh kinerja minimal kendaraan, yang dalam huruf “g” memuat tentang daya pancar dan arah sinar lampu utama. Kemudian dijelaskan juga pada pasal 58 bahwa setiap ranmor yang dioperasikan di jalan DILARANG memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.

Jika dihubungkan dengan penggunaan lampu strobo, lampu tembak yang menyilaukan pengguna kendaraan dari arah berlawan dan serah jalan, bisa kita simpulkan bahwa penggunaan lampu strobo dapat dikategorikan mengganggu keselamatan berlalu lintas dengan pancaran sinarnya yang menyilaukan.

Pasal 106 juga menyebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan tentang persyaratan teknis & laik jalan.

Advertisements

17 KOMENTAR

  1. PP NO.55 Tahun 2012
    Pasal 39
    (1) Kendaraan bermotor dapat dilengkapi dengan lampu kabut yang berjumlah paling banyak 2 (dua) buah dipasang di bagian depan kendaraan.

    Pasal 85
    (3) Lampu utama dekat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, paling banyakdua buah, berwarna putih atau kuning muda dan dapat menerangi jalan pada malam hari dengan cuaca cerah, sekurang-kurangnya 40 (empat puluh) meter kedepan Sepeda Motor.(4) Jika Sepeda Motor dilengkapi dengan lebih dari satu lampu utama dekat, maka lampu utama dekat harus dipasang secara berdekatan sedekat mungkin.
    6) Jika Sepeda Motor dilengkapi dengan lebih dari satu lampu utama jauh, maka lampu utama jauh harus dipasang secara berdekatan sedekat mungkin.

    Lampu tembak dengan lampu kabut apa bedanya ya kang?

    • Lampu kabut fungsinya memberi penerangan secara menerus ketika hujan atau kabut. Warna biasanya amber, kuning hingga warm.
      Lampu tembak hanya seperti lampu hi-beam ketika malam. Dinyalakan 1-2dtk saja atau lebih bila kondisi sepi. Penggunaanya pun terbatas dan bijak. Artinya ketika benar2 tidak berpotensi mengganggu. Ada dua karakter. Nyebar dan fokus (lampu jauh).

      • Nah masalahnya ketempat-tempat minim lampu jalan lampu kayak gitu membantu banget,apalagi ditambah jalan super ancur.
        Ada alasan juga biker menggunakan lampuk tembak kayak gitu,tapi polisi ga mau ngerti kan.

  2. Motor udh kaya d dalem hutan aja lampu”nya bnyak bener….
    Bikin silau ke yg lain klo malem,,, klo yg tinggal nya d hutan sih enggak apa” pake strobo klo perlu pake lampu stadion juga engga apa” karna d hutan kan ga ada lampu.

  3. Enek banget liat pemotor model begitu, suka angep jalanan milik dy sendiri.

    Tolong lah modifikasi pada wajar nya aja.
    Jangan angep pemotor lain itu musuh, saling ngehormatin itu lebih indah.

  4. Pernah liat yang masang DRL di kiri kanan behel belakang n arusnya ngambil dari lampu rem. Begitu rem ditarik, pingin rasanya nabrak tu motor.

  5. Emang mengganggu kok, bikin silau. Yang gak terima silahkan beragumen pas sidang sama hakimnya, paling juga tetap dinyatakan bersalah…

  6. Lah trus kalo kita masang lampu tambahan YANG BERFUNGSI Hanya untuk Membantu menerangi jalan semisal kalo lagi jalan ke perkampungan,, jalan di jalur pantura kan kalo malam pantura gelap gulita,, kita nggak tau lobang sebelah mana,, kalo cuman ngandelin lampu utama doang mah masih kurang apa lagi kalo hujan,, (pengalaman saya waktu lewat pantura cuman pake lampu utama doang) apakah itu Dilarang juga?? Berarty sama aja dong mengancam keselamatan si pengendara motor, kalo nggak kliatan masuk lobang gubrak jatoh hahahhaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here